cara mengecilkan perut buncit dengan mudah dan cepat

Nah, berikut ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan perut buncit yang tidak indah, seperti disarankan oleh Dr Jennifer Landa yang merupakan Chief Medical Officer BodyLogicMD, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (16/4/2013):

1. Latihan Interval

Latihan interval adalah sistem latihan yang berganti-ganti antara melakukan dengan giat (interval kerja) dengan periode kegiatan berintensitas rendah (periode sela) dalam suatu tahap latihan.

Latihan yang populer untuk mengecilkan perut adalah crunch. Sebab latihan ini melibatkan otot perut. Untuk mendapatkan perut yang benar-benar rata, Anda juga perlu melakukan latihan kardiovaskular, yakni latihan yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk sementara waktu.

Sit up, lompat tali atau berjalan di treadmill akan membantu menghancurkan timbunan lemak di perut dan membangun inti yang solid

2. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Hanya dengan melewatkan waktu makan, Anda dengan mudah bisa mendapatkan perut buncit. Hal itu terjadi karena saat Anda melewatkan waktu makan, tubuh merespons dengan meningkatkan kadar kortisol, meningkatkan nafsu makan dan kemudian menyimpan lemak, terutama di bagian perut.

Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan mengudap makanan sehat dalam sehari dapat mengendalikan hasrat makan yang luar biasa akibat lapar. Hal ini juga penting untuk menjaga metabolisme agar tidak terjadi penimbunan lemak.

3. Jangan Makan Makanan Manis

Gula adalah musuh bebuyutan bagi perut rata. Sebab saat dikonsumsi berlebihan, gula akan disimpan sebagai lemak. Jika Anda ingin makan permen, makan saja buah-buahan seperti blueberry, raspberry dan stroberi untuk menangkan gejolak Anda.

4. Meningkatkan Asupan Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menjaga tingat kortisol tetap terkontrol. Selain itu vitamin C juga penting dalam produksi karnitin yang digunakan oleh tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Dapatkan asupan ini dari buah citrus, brokoli, kubris dan paprika

5. Makan Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Meski ingin memangkas lemak dari perut, tapi tubuh juga masih memerlukan makanan berlemak. Tentunya yang diperlukan tubuh adalah makanan yang mengandung lemak baik. Alpukat, buah kenari, dan minyak zaitun dapat memenuhi lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya kaya akan lemak baik, makanan ini juga mengandung omega-3 dosis tinggi yang dapat meningkatkan metabolisme.

6. Tidur

Saat sibuk, biasanya tidur menjadi aktivitas yang paling terpinggirkan. Alhasil saat kerjaan sedang menumpuk atau karena ingin membuaskan hasrat main game, wakti tidur dikorbankan. Padahal tidur yang cukup penting untuk menjaga berat badan dan mengoptimalkan kesehatan seseorang.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat memicu bertambahnya berat badan lantaran mengemil makanan yang tidak sehat. Selain itu kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit jantung dan diabetes. Jadi sebenarnya kalau ingin punya badan ramping dan sehat itu mudah, yakni tidurlah dengan cukup.

7. Relaks

Hormon stres, kortisol, berperan dalam penambahan berat badan. Ketika seseorang stres, maka kortisolnya akan meningkat. Umumnya seseorang akan mengalami stres parah saat sedang ada deadline kerja yang ketat, krisis finansial, juga saat cedera atau sakit.

Dalam kondisi stres berat, level kortisol akan mencapai tingkat yang ekstrem atau merusak fungsi sistem adrenal. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan atau ketidakmampuan seseorang untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, kortisol yang meningkat juga berdampak pada penurunan kekebalan dan peningkatan peradangan.

cara atau dengan obat alami;

Yang harus Dihindari bila ingin mengecilkan si perut buncit

Konsumsi Minuman Beralkoholminuman beralkohol

Sering minum minuman beralkohol terbukti dapat membuat perut semakin buncit. Minuman beralkohol mengandung kalori tinggi yang sama seperti makan makanan berlemak. Apalagi minuman ini tidak dapat mengenyangkan perut, sehingga jumlah kalori yang anda makan akan menjadi sangat besar sekali.

kebanyakan dudukKebanyakan nonton TV / Terlalu lama duduk

Apa sih yang lebih asyik daripada nonton TV sambil makan cemilan? Tapi kebiasaan inilah yang akan menimbulkan lipatan – lipatan di perut Anda. Terlalu sering menonton TV atau terlalu lama duduk jelas akan membuat tubuh jarang bergerak, sehingga lemak akan semakin tertimbun dalam tubuh. Biasakanlah untuk bergerak atau melakukan stretching ringan setelah setidak nya 30menit duduk.


Ingin singset dalam waktu sangat singkat

Hilangkan mental ingin turun berat badan secara drastis dalam waktu sangat singkat. Selain dapat berbahaya bagi tubuh, hal ini juga cenderung akan membuat badan lebih mudah rebounce atau kembali menjadi gemuk lagi. Sebaiknya anda tidak menurunkan berat badan lebih dari 15% bobot tubuh anda sekarang dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Ekstrem diet

diet secara berlebihanKebiasaan tidak makan sama sekali atau porsi yang sangat amat sedikit sebagai cara mengecilkan perut merupakan hal yang harus dihindari. Diet yang terlalu ketat dapat membahayakan kesehatan Anda.

Bahkan menurut para ahli, menghindari makanan sesungguhnya dapat membuat anda semakin gendut karena merusak metabolisme tubuh. Para ahli diet dan gizi menyarankan sebaiknya untuk sering makan tapi dalam porsi sedikit-sedikit.

Menurut Dokter Dr. Selfie:

1. Makan lemak sihat
Percaya atau tidak, program diet rendah lemak tidak akan menghilangkan perut buncit. Perkara itu didedahkan oleh Profesor Dr. Mehmet Oz, dari Colombia University. Sebenarnya perkara yang harus dilakukan ialah berhenti makan nasi putih dan menggantikannya dengan roti gandum murni. Makanlah lemak sihat seperti avokado dan minyak zaitun.

2. Turuti keinginan tubuh
Kajian American Journal of Clinical Nutrition mendapati, jika seseorang memenuhi keinginan tubuhnya ketika lapar, dia akan cenderung makan lebih sedikit dalam tempoh tertentu. Apabila seseorang mengidam untuk makan burger keju, dia mungkin akan makan burger keju selama beberapa hari sebelum akhirnya tubuh akan berasa bosan dan mengurangkan keinginan terhadap makanan itu. Namun pastikan saiz hidangannya tidak berlebihan.

3. Kurangkan saiz hidangan
Kajian oleh seorang pembantu profesor pemakanan di University of Illinois, Chicago, Krista Varady, mendapati orang yang mengurangkan jumlah hidangan hariannya sehingga 25 peratus, akan kehilangan berat badan sehingga 15 kg dalam 8 minggu. Makan secara terkawal pada hujung minggu juga dapat membantu seseorang mengurangkan berat badan.

4. Senaman sit-up tidak menghilangkan lemak
Sebanyak mana pun sit-up yang anda lakukan, ia tidak akan menyingkirkan lemak di perut. Sit-up akan menguatkan otot namun lemak sukar terbakar hanya dengan senaman itu. Sebaliknya, lakukan latihan menyeluruh di otot besar yang lain seperti kaki, bahu dan dada agar proses pembakaran lemak lebih optimum.

5. Banyakkan senaman kardio
Apabila otot besar sudah dikuatkan dengan latihan beban, maka seterusnya lakukanlah senaman kardio bagi mempercepatkan proses pembakaran lemak. Berlari atau melakukan senaman aerobik dapat membantu membakar kalori berlebihan dengan syarat pengambilan lemak buruk dihentikan.

6. Jangan kurang / lebih tidur
Kurang tidur akan membuatkan kadar metabolisme tubuh berkurangan sekali gus menyukarkannya membakar lemak. Manakala tidur berlebihan pula akan membuatkan tubuh menjadi pasif dan terbiasa untuk tidak banyak bergerak. Kedua-duanya mengakibatkan lemak berkumpul dengan lebih cepat.

7. Berhenti minum minuman bersoda (termasuk soda berlabel "Diet")
Kajian selama 10 tahun oleh University of Texas mendapati mereka yang kerap minum soda diet menjadi gemuk dengan lebih cepat berbanding mereka yang tidak minum minuman itu. Ini kerana pemanis tiruan dalam soda boleh membuatkan perut buncit lebih pantas dan mengundang rasa lapar dengan lebih cepat. Gantilah minuman ini dengan teh atau air lemon kosong.

8. Bertafakur
Tahukah anda, ketika berdoa dan bertafakur, pengeluaran hormon stres kortisol akan berkurangan? Ya, inilah hormon yang menyebabkan perut buncit. Jadi, hindarilah stres, perbanyakkan berdoa dan bertafakur untuk menenangkan fikiran dan jiwa. Walaupun hanya 15 minit setiap hari, ia sudah cukup membantu.

9. Gula yang sihat
Makan makanan manis sudah menjadi budaya orang Malaysia, namun biarlah manis yang sihat. Buah-buahan mengandungi gula semula jadi, begitu juga madu. Apabila makan makanan yang mengandungi gula seperti kerepek dan nasi putih, sebahagian besar kalori yang dimakan akan berubah menjadi lemak di perut.

10. Bersenam secara bijak, bukan secara keras
Apabila lemak di perut kian berkurangan, maka tibalah masanya untuk memulakan senaman perut. Bersenamlah sehingga terasa regangannya dan janganlah berlebihan melakukannya. Otot perut yang mantap akan membantu seseorang tampil lebih sihat dan segar.

baca juga 

video terkait ;
+Rinal Purba
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)