cara membuat tempe supya enak dan disukai

ini adalah salah satu tutorial cara 
Cara Membuat Tempe
Proses Membuat Tempe - Tempe Kedelai - Pada bulan-bulan lalu tempe menjadi perbincangan yang hangat karena tempe yang notabene makanan lauk pauk rakyat indonesia langka dan harganya mahal karena harga kedelai yang melambung tinggi. Ditambah lagi ketergantungan pemerintah terhadap kedelai impor. Tempe adalah makanan tradisional rakyat indonesia, katanya sih nilai gizi di dalam tempe sangat tinggi. Tetapi apakah anda tau proses pembuatan tempe itu? mungkin para pengrajin tempe saja yang tau cara membuat tempe. Bagi sebagian pengrajin tempe tradisional ilmu membuat tempe mereka dapatkan bukan dari bangku kuliah, mereka bisa tau cara membuat tempe mungkin karena faktor keluarga yang turun temurun membagikan ilmunya tentang cara membuat tempe. Nah padahal tempe itu terjadi karena proses fermentasi kedelai menggunakan ragi tempe. Jadi membuat tempe itu termasuk dalam ilmu kimia kali ya? bagi mereka yang kuliah membuat tempe harus membuat takaran perbaandingan sedimikian rupa dan rumit. Tetapi bagi para pengrajin tempe tradisional membuat tempe adalah hal kebiasaan. Oke deh tidak usah panjang lebar saya ngomong di sini, simak tentang cara membuat tempe yang Mas GunKlaten berikan berikut ini.


Pertama yang kita persiapkan adalah alat dan bahan membuat tempe


  1. Alat : Baskom, Saringan, Dandang, Sotel Kayu, Kipas Angin/Kipas manual, Kompor, Tampah dan peralatan lain yang diperlukan.
  2. Bahan : Kacang kedelai, ragi tempe (inokulum) atau biakan murni Rhizopus sp.

Cara kerja atau proses pembuatan tempe
  1. Cuci bersih alat yang akan digunakan agar terhindar dari kuman dan bakteri.
  2. Cuci bersih kedelai dan rendam menggunakan air dingin biasa hingga 12 s/d 18 jam agar proses hidrasi kedelai bisa menyerap air sebanyak mungkin.
  3. Lepaskan atau pisahkan kulit kedelai dari biji kedelai dan biji kedelai dicuci dengan air bersih.
  4. Kukus atau rebus biji kedelai itu sampai empuk.
  5. Setelah biji kedelai sudah empuk, lalu tuangkan kedalam wadah tampah yang sudah dipersiapkan lalu diangin-anginkan dengan kipas angin sambil diaduk-aduk sampai terasa hangat.
  6. Taburkan ragi tempe sedikit demi sedikit kedalam biji tempe sambil diaduk-aduk hingga merata (1,5 gram ragi tempe untuk 2 kg kedelai).
  7. Siapkan pembungkus kedelai yang sudah siap, bisa memakai plastik, daun pisang, dan daun jati. Jika menggunakan plastik berilah lubang-lubang kecil memakai jarum atau sapu lidi. Dan bungkus kedelai yang sudah diberi ragi tempe itu, atur ketebalan sesuai selera.
  8.  Taruh tempe-tempe yang baru dibungkus tadi kedalam suhu kamar dan tunggu proses fermantasi hingga seluruh biji kedelai tertutup warna putih jamur. Proses ini bisa berlangsung satu hingga dua hari. Suhu hangat bisa mempercepat proses fermentasi.
Cara Membuat Tempe
Mungkin itulah sedikit tips dan trik cara membuat tempe kedelai sendiri. Ada banyak sekali trik cara membuat tempe yang bisa anda cari di www.google.co.id maupun di www.google.com. Anda bisa mempraktekkannya dirumah. Siapa tau dari hasil membaca artikel "cara membuat tempe" ini anda terus mempunyai keinginan membuka usaha tempe dan menjadi pengusaha tempe yang sukses, amin.

atau baca artikel saya yang lain di sini :

Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)