pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah

Pemerintah berkomitmen membuka akses pembiayaan dan permodalan untuk para wirausaha baru. Akses biaya ini diperoleh dari sektor formal dan informal. Melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), pemerintah menyediakan 20 ribu sertifikat tanah untuk digunakan sebagai agunan. "Segala persyaratan dibuat menjadi lebih sederhana," ujar Asisten Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM, Tamim Saefudin di Crowne Plaza Hotel, Kamis (7/3).

Fasilitas ini dikelola oleh Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) yang langsung dibawahi Kementian Koperasi dan UKM. Pengusaha bisa datang langsung ke kantor LPDB yang berada di daerah MT Haryono, Jakarta. Kantor ini merupakan satu-satunya kantor LPDB yang ada. Namun jika dalam satu daerah terdapat 20 pengusaha yang akan menggunakan akses ini, maka layanan LPDB bisa didatangkan ke daerah.

sumber : http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1232:kemenkop-ukm-buka-akses-pembiayaan-permodalan&catid=50:bind-berita&Itemid=97

Sumber pendanaan lainnya didapat dari masyarakat. Pelaku usaha mikro bisa memanfaatkan sumber ini dalam melakukan penumbuhan kegiatan usaha sampai dengan pengembangan usaha. Sumber tersebut bisa digunakan untuk segala jenis usaha termasuk waralaba. LPDB pun menyediakan sumber dana alternatif berbasis syariah. "Peminat waralaba terbuka untuk menggunakan semua fasilitas ini," ujar Tamim.

Modal Dari Tabungan
Untuk mendirikan usaha, kita juga bisa memanfaatkan tabungan yang kita miliki. Sayangnya, banyak para pengusaha pemula yang menggampangkan masalah “peminjaman” modal dari tabungan pribadinya ini.
Sehingga belum apa-apa, perhitungan modal usaha tersebut menjadi tidak sesuai. Meskipun tabungan yang kita gunakan sebagai modal usaha tersebut adalah milik kita sendiri, kita harus tetap memiliki perhitungan yang professional dimana pinjaman tersebut harus kita kembalikan ketika usaha yang kita jalankan tersebut sudah mulai berjalan. Artinya, saat usaha kita sudah mendapatkan keuntungan, maka sebaiknya kita segera mengembalikan uang tabungan yang kita pinjam.  

dana lain : Sumber dana /modal
 Ada sejumlah sumber dana yang bisa dimanfaatkan untuk modal usaha yang tidak diketahui banyak orang. Menurut Cokro Anton Wibowo, pengusaha properti asal Palembang, Sumatra Selatan, sumber modal bisa diperoleh dari berbagai cara. Pertama, bersumber dari kantong sendiri, entah itu berupa tabungan atau investasi.
Kedua, bisa juga dari meminjam pihak lain. Sumber dana pinjaman ini banyak contohnya. Bank, misalnya. Entah itu bank konvensional, bank syariah, atau Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Atau, Anda bisa meminjam dari lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Beberapa di antara LKBB yang memberikan fasilitas pinjaman antara lain perusahaan pembiayaan leasing dan Perum Pegadaian.

Sumber pinjaman yang lain seperti fasilitas program pembiayaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sering disebut Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Beberapa lembaga pemerintah, seperti Kementerian Pertanian atau Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), juga memiliki fasilitas pembiayaan untuk mereka yang menjalankan usaha.

Program-program pemerintah lainnya yang layak Anda lirik antara lain Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, Program Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta kredit-kredit program hasil kerja sama Bank Indonesia (BI) dan pemerintah.

Ketiga, sumber dana juga bisa Anda peroleh dari sejenis pooling fund yang kini ngetren dengan julukan angel investor. Bisa juga Anda menggaet dana dari hasil kerja sama alias kemitraan, entah itu dengan teman, kerabat, atau saudara.
Facebook CommentsShowHide

1 komentar:

nilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, menjadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan dimana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

DATA PEMOHON:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Sudahkah anda melamar dulu;
16) tanggal lahir;

Terima kasih,
Ibu Christian

Balas

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)