cara mengontrol emosi yang berlebihan

1. dalam muslim :
Allahu akbar, jaminan yang luar biasa. Surga..dihiasi dengan berbagai kenikmatan, bagi mereka yang mampu menahan amarah. Semoga ini bisa memotivasi kita untuk tidak mudah terpancing emosi.

Bagaimana Cara Mengendalikan Diri Ketika Sedang Emosi?

Agar kita tidak terjerumus ke dalam dosa yang lebih besar, ada beberapa cara mengendalikan emosi yang diajarkan dalam Al-Quran dan Sunah. Semoga bisa menjadi obat mujarab bagi kita ketika sedang marah.


Kedua, DIAM dan jaga lisan

Bawaan orang marah adalah berbicara tanpa aturan. Sehingga bisa jadi dia bicara sesuatu yang mengundang murka Allah. Karena itulah, diam merupakan cara mujarab untuk menghindari timbulnya dosa yang lebih besar.

Ketiga, mengambil posisi lebih rendah

Kecenderungan orang marah adalah ingin selalu lebih tinggi.. dan lebih tinggi. Semakin dituruti, dia semakin ingin lebih tinggi. Dengan posisi lebih tinggi, dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya.

Karena itulah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan saran sebaliknya. Agar marah ini diredam dengan mengambil posisi yang lebih rendah dan lebih rendah. Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menasehatkan,

Keempat,
Ingatlah hadis ini ketika marah

Dari Muadz bin Anas Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka dia akan Allah panggil di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki. (HR. Abu Daud, Turmudzi, dan dihasankan Al-Albani)

Subhanallah.., siapa yang tidak bangga ketika dia dipanggil oleh Allah di hadapan semua makhluk pada hari kiamat, untuk menerima balasan yang besar? Semua manusia dan jin menyaksikan orang ini, maju di hadapan mereka untuk menerima pahala yang besar dari Allah ta’ala. Tahukah anda, pahala ini Allah berikan kepada orang yang hanya sebatas menahan emosi dan tidak melampiaskan marahnya. Bisa kita bayangkan, betapa besar pahalanya, ketika yang dia lakukan tidak hanya menahan emosi, tapi juga memaafkan kesalahan orang tersebut dan bahwa membalasnya dengan kebaikan.

Kelima, Segera berwudhu atau mandi

Marah dari setan dan setan terbuat dari api. Padamkan dengan air yang dingin.

Terdapat hadis dari Urwah As-Sa’di radhiyallahu ‘anhu, yang mengatakan,

kenali juga Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengandalikan emosinya :

1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
2. Marah dengan merusak atau melempar barang-barang di sekitarnya.
3. Ringan tangan pada orang lain di sekitarnya.
4. Melakukan tindak kriminal / tindak kejahatan.
5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
6. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam.
7. Dendam dan merencanakan rencana jahat pada orang lain

PENDAPAT PENULIS ;

Ada beberapa hal atau cara agar kita tidak mudah terbawa emosi .

1. Tidak mudah berasumsi.
Tidak selalu menyimpulkan bahwa apapun yang di lakukan atau di ucapkan orang lain selalu berkaitan dengan kita. Biarpun posisi maupun keadaan kita pada hal terburuk seperti yang di ungkapkan orang lain, anggap suatu kebetulan apa yang di katakan seseorang tanpa disengaja seperti yang terjadi pada diri kita.

2. Mengenal perasaan diri sendiri.
Disaat seseorang berucap memancing emosi, mulailah mengenali perasaan sendiri. Apakah dengan menyimpan perasaan emosi kita akan merasa lega? dan merasa kita tetap benar dan memposisikan orang lain salah?Ini artinya membela diri. Semakin kita berusaha membela diri, maka semakin lemah jiwa kita. Melepas emosi adalah hal terbaik karena akan membebaskan kita dari sesuatu yang melemahkan.

3. Menjaga jarak.
Jika seseorang memulai dengan ucapan yang berindikasi memancing emosi, mulailah menjaga jarak, karena semua yang akan terjadi sudah dapat kita bayangkan.

4. Mengalihkan emosi
Jika seseorang menyinggung perasaan, jangan berdiam diri!Segera ambil langkah mengalihkan emosi pada hal lain, ambil langkah kecil yang bisa mengalihkan perhatian dan sedikit demi sedikit akan terbebas dari emosi dan perasaan negative.

BACA JUGA 
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)