lada putih dan hitam indonesia

Lada hitam adalah sejenis rempah - rempah yang berasal dari tanaman Piper nigrum yang biasanya digunakan untuk bumbu pelengkap masakan. Lada hitam memiliki rasa yang pedas tajam dan juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Lada hitam memiliki kandungan nutrisi yang mengejutkan. Diantaranya antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan senyawa seperti likopen, karoten, zea-xanthin, dan cryptoxanthin yang membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak, sehingga mencegah terjadinya kanker, masalah hati, dan penyakit kardiovaskuler.

Saat Anda mengonsumsi rempah yang satu ini, tentu keringat akan bercucuran dari tubuh Anda. Secara tidak langsung, proses ini akan membantu Anda untuk mengeluarkan racun lewat keringat dan buang air kecil atau diuretik property. Lada hitam secara luas diakui sebagai karminatif, suatu zat yang membantu dalam stimulasi selera untuk meningkatkan sekresi asam klorida untuk pencernaan ditingkatkan, yang mengarah pada pencegahan diare, sembelit, nyeri kolik, dan gas usus, demikian yang dilansir Magforwoman

Lada atau merica (Piper nigrum L.) adalah rempah-rempah berwujud bijian yang dihasilkan oleh tumbuhan dengan nama sama. Lada sangat penting dalam komponen masakan dunia dan dikenal luas sebagai komoditi perdagangan penting di Dunia Lama. Pada masa lampau harganya sangat tinggi sehingga menjadi salah satu pemicu penjelajahan orang Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangannya dan, dengan demikian, mengawali sejarah kolonisasi Afrika, Asia, dan Amerika.

Di Indonesia, lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Lada disebut sahang dalam bahasa Melayu Lokal seperti bahasa Banjar, Melayu Belitung, Melayu Sambas, dan lain-lain
lada putih atau merica adalah tumbuhan merambat, termasuk suku Piperaceae, buahnya berwarna merah, bijinya pedas, dikeringkan untuk bumbu masakan;

Merica adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi favorit para ibu rumah tangga. Rasanya yang pedas segar itu kerap membuat makanan terasa begitu menggugah selera.Biasanya merica digunakan dalam masakan ayam goreng, sayur sop, dan banyak lainnya.

Bumbu berbentuk butiran kecil ini selain untuk bumbu masakan, bahkan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi beberapa penyakit.

Ya, selain melezatkan makanan, merica juga memiliki manfaat untuk penyembuhan penyakit ringan seperti sakit kepala. Sebuah senyawa bernama kavisin lah yang menjadi pereda gejala sakit kepala.

Senyawa ini akan meredam aktivitas otak yang bertugas menerima sinyal dari sisten syaraf, bahwa kepala sedang sakit. Hasilnya rasa sakit kepala akan mereda jika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung merica.

Salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai adalah merica. Merica adalah salah satu bumbu dapur yang dapat menambah kelezatan masakan. Rempah memiliki cita rasa sedikit pedas dan dapt menambah rasa menyengat pada masakan. Bumbu ini tergolong dalam rempah-rempah yang banyak dijumpai di area Indonesia. Dapat kita lihat bahwa bumbu rempah ini sudah menjadi bumbu yang disukai sejak zama dulu. Pada masa lampau bahkan kita dapat melihat bahwa orang dari dataran Eropa menggunakan bahan ini untuk dan mendatangkannya dari indonesia.

Selain sebagai bumbu rempah masakan bahan ternyata juga berguna untuk kesehatan para wanita pada khususnya. Manfat merica yang pertama berguna untuk menurunkan risiko kanker. Merica dianggap mampu menurunkan risiko kanker dan tumor pada payudara. Hal ini sendiri berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh Universitas Michigan yang berada di Amerika Seirikat. Merica akan semakin aktif dalam mencegah berkembangnya sel kanker jika dikombinasikan dengan kunyit. Bagi anda yan ingin tetap sehat dan terhindar dari penyakit ini ada baiknya menambahkan dua bumbu tersebut dalam bumbu untuk masakan anda.

Manfaat merica untuk obat tradisional

Sakit kepala

Sediakan:

5 gram lada

5 butir cengkeh

5 gram biji pala

1 jari kayu manis

Cuci seluruh bahan di atas, lalu keringkan. Kemudian, tumbuk hingga menjadi bubuk dan seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.

Asma/sesak napas

Ambil 10 butir merica

8 lembar daun sirih

Haluskan dan tambahkan 1 sendok teh minyak kayu putih

Aduk lalu oleskan pada tengkuk dan dada.

Itulah beberapa manfaat merica bagi kesehatan. Anda kini tidak perlu pergi ke dokter atau ke apotek hanya untuk mengobati sakit kepala yang Anda derita. Anda cukup kembali ke dapur Anda dan selesaikan masalah sakit kepala Anda.

baca juga produk unggulan indonesia
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)