manfaat buah manggis dan kulitnya

Manggis adalah tanaman yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia dan juga di Amerika Selatan lebih tepatnya Kolombia. Kandungan yang terdapat di dalam buah manggis yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah zat xanthones, antimikorbial, antioksidan dan catechins. 

Xanthones di dalam buah manggis adalah senyawa kimia alami yang terbukti memiliki berbagai sifat meningkatkan tenaga. Xanthone telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan lebih kuat daripada vitamin E, salah satu antioksidan yang paling kuat dikenal alam ini.Hasil peneletian oleh ORAC menunjukkan bahwa satu ons jus manggis memiliki kemampuan 20 sampai 30 kali lebih besar dalam menyerap radikal bebas dibandingkan dengan satu ons buah-buah lain dan sayuran.

Manggis juga mengandung senyawa lain alam potensial seperti katekin, polisakarida, kuinon, stilbenes dan polifenol. Catechin memiliki kemampuan lima kali lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin C.Polisakarida sangat ampuh sebagai anti-kanker dan anti-bakteri. Polisakarida membantu memblokir kemampuan sel bermutasi yang menempel pada sel-sel sehat untuk membantu menghentikan penyebaran kanker, dan secara khusus efektif terhadap bakteri intraseluler.Quinones dikenal untuk anti-bakteri dengan sifat sebagai oksidan kuat.Stilbenes juga merupakan antioksidan yang kuat.

Polifenol yang ditemukan jauh lebih lebih kuat sebagai antioksidan daripada vitamin E, yang dianggap salah satu antioksidan yang dikenal paling kuat.Kandungan zat-zat dalam buah manggis yang baik ini sehingga sangat disarankan untuk Ibu hamil karena sangat bagus efeknya bagi perkembangan bayi di dalam kandungan.

Sekarang di Indonesia sudah ada obat yang bisa menyemebuhkan HIV/AIDS apa itu ?????
Menurut Dr Ir Raffi Paramawati, M.Si, dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, semua buah-buahan mengandung antioksidan, namun yang paling tinggi kandungan antioksidannya hanya dalam buah manggis dan itu terdapat pada kulitnya. Lebih jauh ia mengatakan bahwa tidak semua antioksidan yang ada dalam buah-buahan bersifat menyembuhkan penyakit, berbeda dengan manggis, kalau manggis kandungan antioksidannya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat buah manggis yang luar biasa ini diakomodir sebuah perusahaan yang telah 20 tahun lebih memproduksi makanan dan minuman kesehatan maka lahirlah Garcia. Sejak kehadirannya, Garcia  telah banyak membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya HIV/AIDS. Seorang konsultan HIV/AIDS Franklin di Bandung bersaksi dengan sangat yakin bahwa Garcia  telah menyelamatkan 88 nyawa manusia, 9 diantaranya sudah masuk stadium AIDS

Kesaksian serupa juga diungkapkan oleh H. Ki Ageng S. Dewantara seorang therapist herbal yang berpraktik di Bali menegaskan bahwa selama dia menggunakan Garcia untuk para pasiennya yang mengidap HIV/AIDS, sudah 4 orang sembuh dan dibuktikan secara medis. Rata-rata masa proses menuju kesembuhannya di bawah 1 tahun. Mas Kurnadi juga dari Bali bersaksi tentang kehebatan Garcia menyembuhkan orang sakit HIV/AIDS. Seorang pemuda yang sudah putus harapan hidupnya karena usianya tinggal sebulan akibat HIV/AIDS. Setelah minum Garcia selama 1 tahun, sekarang pemuda tersebut hidup sehat dan panjang umur.

Manfaat Kulit Manggis:
  1. Bermanfaat mengurangi resistensi insulin.
  2. Mampu mencegah kanker.
  3. Mencegah penyakit jantung
  4. Memperkuat sistem kekebalan.
  5.  Mengatasi keracunan makanan.
  6.     Membantu menanggulangi ganguan sesak nafas.
  7.     Mencegah batu ginjal.
  8.     Menurunkan tekanan darah tinggi.
  9.     Membantu mencegah disentri. 
  10.     Memperlambat proses osteoporosis.
  11.     Mengobati diare.
  12.     Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
  13.     Menyembuhkan kerusakan pada syaraf.
  14.     Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
  15.     Menyembuhkan sariawan.
  16.     Menurunkan kolesterol LDL.
  17.     Mengagalkan kerusakan DNA.
  18.     Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
  19.     Membantu meringkan penyakit asma.
  20.     Mengobati penyakit TBC.
  21.     Membantu penurunan berat badan dan obesitas.
  22.     Memperkuat pembuluh darah.
  23.     Membantu mencegah penyakit jantung.
  24.     Membantu mengurangi migran.
  25.     Menyembuhkan luka tenggorakan.
  26.     Menyembuhkan bisul.
  27.     Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
  28.     Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
  29.     Sebagai obat pencuci perut yang lembut.
  30.     Meredakan sakit akibat radang sendi.
jus kulit buah Manggis.
berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan untuk memulai membuat jus kulit buah Manggis.
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  1.     Beberapa buah Manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 butir).
  2.     1 gelas air matang.
  3.     Madu secukupnya.
  4.     Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (kalau bisa Gula Aren).
  5.     Blender
Cara pembuatannya:
Setelah bahan-bahan diatas Anda persiapkan, maka selanjutnya ialah mulai membuat jus kulit buah Manggis. Berikut adalah cara  membuat jus kulit buah Manggis yang harus Anda lakukan.

    Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Dalam tahapan ini, Anda harus pandai memilih buah Manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi. Saat melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.

    Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya ialah merebus kulit buah Manggis tersebut. Langkah ini sebenarnya alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa sepat dan pahit bisa diminimalisir. Disarankan untuk tidak membuang air rebusan kulit Manggis tersebut dan sebaiknya simpanlah sisa air rebusan tersebut didalam kulkas, untuk digunakan lagi pada lain kesempatan. Bahkan beberapa herbalis menganjurkan untuk menggunakan air rebusan tersebut sebagai instrumen terapi pengobatan beberapa penyakit.

    Masukkanlah hasil kerokan kulit buah Manggis atau air rebusan kulitnya (jika memakai langkah yang kedua) kedalam blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan Gula Aren. Anda juga bisa mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti Alpukat, Mangga, Sirsak dan lainnya untuk mengurangi rasa sepat dan pahit.
    Jus kulit buah Manggis pun telah siap diminum. Sisanya Anda bisa menyimpannya  ke dalam wadah yang memiliki penutup, seperti botol, tupperware dan simpanlah di dalam lemari es (kulkas).

Aturan pakai:
Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.
Yang patut diperhatikan:
    Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, begitu pula dengan jusnya. Oleh sebab itu, Anda dipersilakan untuk melakukan improvisasi sendiri baik itu dengan mencampurkan buah-buahan lainnya, mencampurkan cuka apel, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak dan tidak membuat eneg.

    Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus kulit buah Manggis ini dalam keadaan perut yang masih kosong (diminum setelah makan).
    Yang patut diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah Manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).
    Pada awal pemakaian, sangat mungkin perut Anda akan merasa mual dan tidak enak. Namun, hiraukan saja karena tidak berbahaya. Jika sudah rutin dilakukan, Anda akan terbiasa dan perut bisa menerimanya dengan legowo.

Jus kulit buah Manggis bukanlah sembarang jus.
Facebook CommentsShowHide