bahasa sunda air adalah....

bahasa sundanya air adalah cai .....
Air menurut Budaya Sunda:
“Selamat, dalam tahun Saka 952 bulan Kartika tanggal 12 bagian terang hari Hariyang-Kliwon-Ahad wuku Tambir. Inilah saat raja Sunda Maharaja Sri Jayabhupati Jayamanahen Wisnumurti Samarawijaya SakalabuanamandaleswaraninditaHarogowardana Wikramotunggadewa membuat tanda di sebelah Timur Sanghyang Tapak, dibuat oleh Sri Jayabhupati Raja Sunda dan jangan ada yang melanggar ketentuan di sungai ini. Jangan ada yang menangkap ikan di bagian sungai ini mulai dari batas daerah Kabuyutan Sanghyang Tapak dibagian hulu…”

Kabuyutan dalam makna luas adalah tanah air, baik lokal, regional maupun nasional. Dalam konteks ilmu pengetahuan lingkungan saat ini, kabuyutan dapat bermakna sumber daya alam, baik hayati maupun non hayati yang meliputi: lahan, geodiversity, biodiversity (keanekaragaman hayati), yaitu hutan, sungai, gunung, dan lingkungan alam lainnya beserta kandungan isinya. Dengan kata lain, kabuyutan adalah lingkungan hidup kita. Dalam arahan pola umum ini, penekanan terletak pada kandungan kabuyutan sebagai sumber daya alam, hayati dan non hayati beserta tatanan lingkungannya.

Kabuyutan adalah salah satu dimensi paling penting dalam Budaya Sunda. Dimensi ini memuat kandungan multi nilai, diantaranya: ilmu pengetahuan dan teknologi, sejarah dan arkeologi, dan lingkungan, baik sebagai sumber daya ekonomi maupun sebagai perlindungan utuk lingkungan lainnya. Tatar Sunda banyak memiliki warisan kabuyutan dari leluhurnya, baik berupa hutan larangan (hutan lindung) yang meliputi gunung dan bukit, situs purbakala, peninggalan sejarah lainnya, sungai-sungai strategis dan lingkungannya, dan sejenisnya.

lihat pengunaan bahasa sunda di bawah ini :

Air putih merupakan zat mineral yang paling murni dan tanpa efek samping. Tidak heran jika seluruh pakar kesehatan menyarankan untuk lebih banyak minum air putih dibanding minuman lain seperti kopi, teh, minuman berenergi, dll. Berikut ini adalah 7 manfaat minum air putih yang harus anda ketahui

1. Meningkatkan energi
Kegiatan seharian pasti membuat kita kelelahan. Sebagian orang percaya bahwa minuman berenergi cukup untuk mengganti energi yang mereka keluarkan seharian. Padahal sebenarnya minum air putih saja sudah cukup untuk mengganti energi yang baru dan membuat tubuh jauh lebih segar. So, masih lebih bermanfaat air putih dibandingkan minuman yang lain.

2. Mengeluarkan racun
Air putih dapat membantu untuk mengeluarkan racun yang mengendap di dalam organ tubuh seperti usus dan ginjal. Racun-racun tersebut akan dibuang melalui urin. Dengan banyak minum air putih, maka kinerja organ tubuh kita akan menjadi lebih baik.

3. Menjaga berat badan
Minum air putih bermanfaat untuk menahan nafsu makan. Sehingga berat badan kita dapat terkontrol dengan baik dan dapat mencegah dari obesitas.

4. Menyehatkan kulit
Jangan lupa bahwa air juga dapat membuang racun-racun dari dalam tubuh termasuk kulit. Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit kita lebih segar, sehat dan cerah sepanjang hari.

5. Tulang yang sehat
Air yang cukup bisa membantu untuk memproduksi sel-sel tulang yang baru. Tulang kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah kropos. Sehingga kemungkinan terserang osteoporosis dapat diminimalisir.

6. Menjaga fungsi pencernaan
Air juga dapat membuat sistem pempungan limbah efisien dalam saat mencerna makanan dan minuman. Sehingga sistem pencernaan nutrisi tubuh kita juga semakin baik.

7. Meningkatkan fungsi otak
Air juga membantu otak kita bekerja dengan lebih optimal. Alasannya adalah otak kita ternyata mengeluarkan energi listrik dan air adalah konduktor yang baik untuk energi tersebut. Sehingga air dapat membuat fungsi listrik dalam otak ini lebih maksimal.

diterjemahkan ke bahasa sunda menjadi :

Cai bodas mangrupa zat mineral anu pang murni sarta tanpa efek gigireun / sabeulah. Henteu heran lamun sakumna pakar kasehatan ngusulkeun kanggo langkung rea ngaleueut cai bodas dibandingkeun inuman sanes sepertos kopi, teh, inuman berenergi, dll. Katut ieu nyaeta 7 mangpaat ngaleueut cai bodas anu kedah anjeun nyaho

1. Ngaronjatkeun energi
Kagiatan sapoe jeput tangtos midamel urang kelelahan. Sawareh jalma percaya yen inuman berenergi cekap kanggo ngagentos energi anu maranehanana keluarkan sapoe jeput. Padahal saleresna ngaleueut cai bodas wae parantos cekap kanggo ngagentos energi anu anyar sarta midamel salira tebih langkung seger. So, langkung keneh mere mangpaat cai bodas dibandingkeun inuman anu sanes.

2. Ngaluarkeun racun
Cai bodas tiasa ngabantuan kanggo ngaluarkeun racun anu mengendap di jero organ salira sepertos peujit sarta ginjal. Racun racun kasebat bade dipiceun ngaliwatan urin. Kalawan rea ngaleueut cai bodas, mangka kinerja organ salira urang bade barobah kaayaan langkung sae.

3. Ngajagi abot awak
Ngaleueut cai bodas mere mangpaat kanggo nahan napsu emam. Ku kituna abot awak urang tiasa terkontrol kalawan sae sarta tiasa nyegah ti obesitas.

4. Nyageurkeun kulit
Ulah lali yen cai oge tiasa miceun racun racun ti jero salira kaasup kulit. Ngaleueut cai bodas anu cekap tiasa midamel kulit urang langkung seger, damang sarta cerah sapanjang dinten.

5. Tulang anu damang
Cai anu cekap tiasa ngabantuan kanggo mroduksi sel sel tulang anu anyar. Tulang urang barobah kaayaan langkung kuat sarta henteu gampang kropos. Ku kituna jigana terserang osteoporosis tiasa diminimalisir.

6. Ngajagi kadudukan pencernaan
Cai oge tiasa midamel sistem pempungan limbah efisien jero waktos mencerna leeutan sarta inuman. Ku kituna sistem pencernaan nutrisi salira urang oge beuki sae.

7. Ngaronjatkeun kadudukan otak
Cai oge ngabantuan otak urang didamel kalawan langkung optimal. Alesanna nyaeta otak urang tetela ngaluarkeun energi listrik sarta cai nyaeta konduktor anu sae kanggo energi kasebat. Ku kituna cai tiasa midamel kadudukan listrik jero otak ieu langkung maksimal.

Facebook CommentsShowHide