sistem adalah l menurut wikipedia metrik komputer

adalah merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Sistem metrik adalah sistem ukuran perpuluhan berasaskan meter dan gram. Ia wujud dalam beberapa variasi, dengan perbezaan pilihan unit ukuran asas, walaupun ia tidak memberi kesan pada kegunaan seharian. Selama dua abad kebelakangan, variasi berlainan telah dianggap sebagai sistem metrik. Semenjak 1960-an Sistem Unit Antarabangsa (SI) ("Système International d'Unités" dalam bahasa Perancis, dengan itu "SI") telah menjadi sistem metrik piawaian yang diterimapakai secara antarabangsa. Unit metrik bagi jisim, panjang, dan eletrik digunakan secara meluas bagi kegunaan harian dan kegunaan saintifik. ia digunakan secara meluas di seluruh dunia kecuali di Britain dan Amerika Syarikat. Di Malaysia, sistem ini mula diperkenalkan pada 1 Januari 1982 oleh kerajaan persekutuan. Walau bagaimanapun Sistem Imperial yang sedia ada masih kekal digunapakai hingga kini.

istem dapat diartikan sebagai kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen). Unsur, komponen atau bagian yang banyak ini satu sama lain berada dalam keterkaitan yang mengikat dan fungsional. Masing-masing kohesif satu sama lain, sehingga ketotalitasannya unit terjaga utuh eksistensinya. Tinjauan tersebut adalah pandangan dari segi bentuknya. Jadi pengertian sistem, disamping dapat diterapkan pada hal yang bersifat “immaterial” atau suatu proses “immaterial”, juga dapat diterapkan pada hal yang bersifat material. Untuk yang bersifat “immaterial” penguraian atau penentuan “model”-nya lebih cenderung berfungsi sebagai alat analisis dan merupakan cara, tata, rencana, skema, prosedur atau metode. Sistem adalah suatu cara yang mekanismenya berpatron (berpola) dan konsisten, bahkan mekanismenya sering disebut otomatis.
Sementara itu menurut David Easton (1984:395) sistem adalah:
Teori sistem adalah suatu model yang menjelaskan hubungan tertentu antara sub-sub sistem dengan sistem sebagai suatu unit (yang bisa saja berupa suatu masyarakat, serikat buruh, organisasi pemerintah).

- Menurut LUDWIG VON BARTALANFY => Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatuantar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
- Menurut ANATOL RAPOROT => Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
- Menurut L. ACKOF => Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yangterdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.

Pada prinsipnya, setiap sistem selalu terdiri atas empat elemen:

    Objek, yang dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
    Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
    Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
    Lingkungan, tempat di mana sistem berada

Syarat-syarat sistem :

1. Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan masalah.
2. Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
3. Adanya hubungan diantara elemen sistem.
4. Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih
penting dari pada elemen sistem.
5. Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

Pengertian sistem operasi - Sistem operasi merupakan software / perangkat lunak yang berguna untuk menjembatani antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi dijalankan. Contohnya seperti ketika menyimpan melakukan penyimpanan data ke flashdisk, maka proses akan dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi. Secara sederhana dapat digambarkan seperti

1. Manajemen informatika adalah pemanfaatan sumber daya secara efektif dibidang informasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan

2. Sistem Informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.

Jelaskan pengertian sistem

Pengertian dan definisi sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks. sebuah sistem adalah sekumpulan objek/benda yang memiliki hubungan diantara mereka.

Sistem Akuntansi : sistem ini disebut sistem dengan pendekatan prosedur.
Karena terdiri dari kumpulan prosedur-prosedur yaitu penerimaan kas, pengeluaran kas, penjualan, pembelian, buku besar sampai laporan keuangan.

Sistem Komputer ~ sistem ini disebut sistem dengan Pendekatan komponen.
Karena terdiri dari sekumpulan komponen perangkat keras dan perangkat lunak.
Elemen-elemen sistem :

Supra system
Merupakan sistem yang besar karena sebuah sistem berada dalam lingkunganny, misalnya sistem bisnis yang terdiri atas Sistem Perbankan, Sistem Perindustrian, Sistem Distributor.
Subsystem
Merupakan bagian dari sistem yang terdiri dari beberapa unsur kecil sistem.
System Boundary
Batasan-batasan yang membedakan suatu sistem dengan sistem yang lainnya. Batasan ini terasa disaat kita menetapkan tujuan dari suatu sistem. Meliputi : batasan input, batasan proses dan batasan output.

Pembagian sistem :

Sistem Terbuka
adalah suatu sistem yang menerima input (sumber daya) dari luar lingkungannya dan dengan sumber daya tersebut suatu sistem baru dapat berjalan dengan sempurna. Contoh : Sistem pendingin ruangan yang menerima input berupa listrik dari PLN.
Sistem Tertutup
adalah sistem yang tidak menerima input dari luar lingkungannya. Contoh : sistem reaksi kimia.

Sistem Fisik dan Konseptual :

Sistem Fisik adalah sistem yang dapat dilihat secara fisik yang terdiri dari sumber daya fisik. Contoh : Sistem komputer yang terdiri dari sistem fisik yang meliputi monitor, CPU, keyboard, printer dan lain-lain.
Sistem Konseptual adalah suatu sistem yang menggambarkan (citra) dari suatu sistem fisik. Contoh : Sistem komputer adalah sistem fisik, INFORMASI yang dihasilkan komputer adalah SISTEM KONSEPTUAL yang terdiri dari Informasi dan Data.


PEMBAGIAN SISTEM MENURUT SIFATNYA
1.Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
Sistem abstrak (abstract system) adalah sistem yang berisi gagasan atau konsep, misalnya sistem teologi yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dan tuhan. Sedangkan sistem fisik (physical system) adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat, misalnya sistem komputer, sistem sekolah, sistem akuntansi dan sistem transportasi.

2. Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik
Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik (probabilistic system) adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas, misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.

3. Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi. Sedangkan sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang.

4. Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
Sistem Alamiah (natural system) adalah sistem yang terjadi karena alam, misalnya sistem tata surya. Sedangkan sistem buatan manusia (human made system) adalah sistem yang dibuat oleh manusia,misalnya sistem komputer.

5. Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
Berdasarkan tingkat kerumitannya, sistem dibedakan menjadi sistem sederhana (misalnya sepeda) dan sistem kompleks (misalnya otak manusia).
Facebook CommentsShowHide