hukum adalah gejala sosial lembah hitam produk politik


Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan.[5] dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa "Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela.

produk politik
Hukum adalah positivasi kepentingan politik menjadi refleksi terhadap pengungkapan suap yang berkaitan dengan kebijakan kuota impor daging sapi. Positivasi kepentingan bukan hal baru, kebijakan kementrian pertanian menambah deret panjang bahwa hukum tidak akan pernah steril dari kepentingan (politik). Purifikasi hukum menjadi kemuskilan dalam proses pembentukan hukum, khususnya di ‘dapur’ lembaga legislatif.

Pun demikian, pembentukan hukum oleh hakimpun dalam cengkeraman mafia hukum akan dipengaruhi oleh aneka kepentingan diluar hukum. Hukum nenjadi positivasi kepentingan non hukum. Kepentingan non hukum dibingkai dalam kerangka hukum, atau dilakukan normativasi. Hukum yang demikian dicarikan dalil hukumnya, diformulasikan dalam bahasa hukum dan akhirnya mentransformasikan menjadi hukum.

Dalam pandangan yang sosiologis, proses pembentukan hukum yang melibatkan unsur non hukum akan memperkaya hukum. Pengaruh aspek non hukum terhadap hukum adalah baik selama sifat aspek tersebut berasal dari ‘benih’ yang baik. Kepentingan politik sebagai salah satu aspek non hukum akan melahirkan hukum yang baik apabila tidak bermuatan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya. Artinya kepentingan politik harus mempertimbangkan kepentingan publik dan demi sebesar-besarnya selain diri sendiri atau kelompoknya.

lembah hitam 

Hukum adalah lembah hitam tak mencerminkan keadilan
Hukum telah dikuasai oleh orang-orang beruang Ada uang kau kan dimenangkan tak ada uang kau say good bye
Yg kuat selalu berkuasa yang lemah pasti merana..
itulah hukum di negri kita.


ke2
ke 3
lyrics

Lirik Lagu Marjinal Hukum Rimba Lyrics

hukum adalah lembah hitam
tak mencerminkan keadilan
pengacara juri hakim jaksa
bandingkan nilai dengan angka

ruang hukum selalu dikuasai
oleh orang orang yang beruang
hukum adalah permainan
semacam adu kekuasaan

maling maling kecil dihakimi
maling maling besar dilindungi

hukum adalah komoditas
barangnya para tersangka
ada uang kau kan dimenangkan
tak ada uang ya saygobye


Facebook CommentsShowHide