contoh kata pengantar dan daftar isi makalah buku skripsi tesis dll
berikut contohnya
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis persembahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas Segala berkat dan rahmatNya, sehingga penulis dalam keadaan sehat walafiat dan dapat melaksanakan tugas pekerjaan sehari-hari serta dapat menyusun tesis ini.
Penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Dosen Pembimbin Bapak Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd dan Bapak Prof. Slamet Triono, M.Sc., Ph.D, yang telah banyak memberi bimbingan dan arahan kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini. Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada :
Pertama, Prof.Dr. Hj. Djanius Djamin, S.H, M.S selaku Rektor Unimed, Bapak Prof. Dr. Belferik Manullang, selaku Direktur PPs-Unimed, Bapak Prof. Dr. M. Badiran., M.Pd dan Dr. Julaga Situmorang, M.Pd selaku Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknologi Pendidikan, Bapak dan Ibu Dosen serta Staf/Pegawai PPs-Universitas Negeri Medan yang telah banyak memberikan kesempatan dan fasilitas belajar selama penulis mengikuti Program Pasca Sarjana Unimed Medan.
Kedua, Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Medan, beserta seluruh staf yang telah memberikan izin penelitian bagi penulis untuk penyelesaian tesis ini.
Ketiga, Siswa SMK Negeri 10 Medan yang telah memberi izin, bantuan dan informasi bagi penulis selama melakukan penelitian.
Keempat, Rekan-rekan mahasiswa PPs-Unimed Medan yang telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis dalam rangka penyelesaian tesis ini.
Secara khusus, penulis menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada suami tercinta beserta anak-anak terkasih yang dengan penuh pengertian, kesabaran dan kerelaan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan studi dan Tesis ini sesuai dengan waktunya.
Terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam tulisan ini, semoga bantuannya mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.
Semoga Tesis ini bermanfaat bagi pembaca dalam pengembangan ilmu pngetahuan dan sumbang saran yang konstruktif akan penulis terima dengan tangan terbuka.
Medan, Maret 2007
Penulis
ANA RAHMI
NIM. 025020096
DAFTAR ISI
ABSTRAK i
ABSTRACT ................................................................................................ iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI vi
DAFTAR LAMPIRAN viii
DAFTAR TABEL x
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Identifikasi Masalah 6
C. Pembatasan Masalah 7
D. Perumusan Masalah 8
E. Manfaat Penelitian 8
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori 10
1. Hasil Belajar Dekorasi Kue 10
2. Hakikat Penggunaan Media Pembelajaran 19
3. Hakikat Kreativitas 27
B. Kerangka Konseptual 31
C. Hipotesis Penelitian 35
BAB III METODE PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian 36
B. Tempat dan Waktu Penelitian 36
C. Populasi dan Sampel 37
D. Variabel Penelitian 37
E. Definisi Operasional 38
F. Instrumen Penelitian 39
BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data Penelitian 50
1. Penggunaan Media Pembelajaran 50
2. Kreativitas 51
3. Hasil Belajar Dekorasi Kue 52
B. Pengujian Persyaratan Analisis Uji Normalitas 54
C. Pengujian Hipotesis 55
1. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan
Hasil Belajar Dekorasi Kue 55
2. Hubungan Kreativitas dengan
Hasil Belajar Dekorasi Kue 56
3. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan
Kreativitas dengan Hasil Belajar Dekorasi Kue 57
D. Pembahasan Hasil Penelitian 59
E. Keterbatasan Penelitian 62
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan 64
B. Implikasi Hasil Penelitian 67
C. Saran-Saran 81
DAFTAR PUSTAKA 83
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1. Hasil Uji Coba Instrumen Penelitian 124
a. Data Angket Penggunaan media pembelajaran 124
b. Data Angket Kreativitas
c. Data Angket Hasil belajar dekorasi kue 131
d. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Penggunaan media pembelajaran 138
e. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Kreativitas 138
f. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Hasil belajar dekorasi kue 139
g. Perhitungan Validitas Angket Analisi Kebutuhan 140
h. Perhitungan Validitas Angket Kreativitas 140
i. Perhitungan Validitas Angket Hasil belajar dekorasi kue 142
2. Data Hasil Penelitian 147
a. Data Hasil Angket Penggunaan media pembelajaran 147
b. Hasil Angket Kreativitas 149
c. Data Hasil Angket Hasil belajar dekorasi kue 151
3. Uji Normalitas Data 153
a. Uji Normalitas Data Galat Taksiran Y atas X1 153
b. Uji Normalitas Data Galat Taksiran Y atas X2 154
9. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Antara Variabel X1
Terhadap Y 156
10. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Antara Variabel X2
Terhadap Y 162
11. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Ganda Antara Variabel X1
dan X2 Terhadap Y 168
12. Menguji Keberartian Persamaan Regresi Ganda ................................... 170
13. Perhitungan Koefisien Relasi ganda 173
14. Perhitungan Koefisien Korelasi Parsial Y atas X1 174
15. Perhitungan Koefisien Korelasi Parsial Y atas X2 177
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1. Spesifikasi Instrumen Penggunaan Media Pembelajaran…………......... 43
2. Karakteristik Angket Evaluasi Hasil Belajar............................................. 45
3. Spesifikasi Instrumen Kreativitas……………….................................... 46
4. Karakteristik Angket Kreativitas............................................................. 47
5. Spesifikasi Instrumen Hasil Belajar Dekorasi Kue ……......................... 47
6. Karakteristik Angket Hasil Belajar Dekorasi Kue……………............... 47
7. Distribusi Frekuensi Skor Penggunaan Media Pembelajaran …………… 51
8. Distibusi Frekuensi Skor Kreativitas 52
9. Distribusi Frekuensi Skor Hasil belajar dekorasi kue 54
10. Rangkuman Hasil uji Normalitas Data Variabel Penelitian 55
11. Analisis Varians Regresi Linier Sederhana Y Atas X1 56
12. Analisis Varians Regresi Linier Sederhana Y Atas X2 57
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis persembahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas Segala berkat dan rahmatNya, sehingga penulis dalam keadaan sehat walafiat dan dapat melaksanakan tugas pekerjaan sehari-hari serta dapat menyusun tesis ini.
Penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Dosen Pembimbin Bapak Dr. Efendi Napitupulu, M.Pd dan Bapak Prof. Slamet Triono, M.Sc., Ph.D, yang telah banyak memberi bimbingan dan arahan kepada penulis dalam menyelesaikan tesis ini. Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada :
Pertama, Prof.Dr. Hj. Djanius Djamin, S.H, M.S selaku Rektor Unimed, Bapak Prof. Dr. Belferik Manullang, selaku Direktur PPs-Unimed, Bapak Prof. Dr. M. Badiran., M.Pd dan Dr. Julaga Situmorang, M.Pd selaku Ketua dan Sekretaris Program Studi Teknologi Pendidikan, Bapak dan Ibu Dosen serta Staf/Pegawai PPs-Universitas Negeri Medan yang telah banyak memberikan kesempatan dan fasilitas belajar selama penulis mengikuti Program Pasca Sarjana Unimed Medan.
Kedua, Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Medan, beserta seluruh staf yang telah memberikan izin penelitian bagi penulis untuk penyelesaian tesis ini.
Ketiga, Siswa SMK Negeri 10 Medan yang telah memberi izin, bantuan dan informasi bagi penulis selama melakukan penelitian.
Keempat, Rekan-rekan mahasiswa PPs-Unimed Medan yang telah memberikan bantuan dan dorongan kepada penulis dalam rangka penyelesaian tesis ini.
Secara khusus, penulis menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada suami tercinta beserta anak-anak terkasih yang dengan penuh pengertian, kesabaran dan kerelaan kepada penulis untuk dapat menyelesaikan studi dan Tesis ini sesuai dengan waktunya.
Terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam tulisan ini, semoga bantuannya mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.
Semoga Tesis ini bermanfaat bagi pembaca dalam pengembangan ilmu pngetahuan dan sumbang saran yang konstruktif akan penulis terima dengan tangan terbuka.
Medan, Maret 2007
Penulis
ANA RAHMI
NIM. 025020096
DAFTAR ISI
ABSTRAK i
ABSTRACT ................................................................................................ iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI vi
DAFTAR LAMPIRAN viii
DAFTAR TABEL x
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Identifikasi Masalah 6
C. Pembatasan Masalah 7
D. Perumusan Masalah 8
E. Manfaat Penelitian 8
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori 10
1. Hasil Belajar Dekorasi Kue 10
2. Hakikat Penggunaan Media Pembelajaran 19
3. Hakikat Kreativitas 27
B. Kerangka Konseptual 31
C. Hipotesis Penelitian 35
BAB III METODE PENELITIAN
A. Tujuan Penelitian 36
B. Tempat dan Waktu Penelitian 36
C. Populasi dan Sampel 37
D. Variabel Penelitian 37
E. Definisi Operasional 38
F. Instrumen Penelitian 39
BAB IV HASIL PENELITIAN
A. Deskripsi Data Penelitian 50
1. Penggunaan Media Pembelajaran 50
2. Kreativitas 51
3. Hasil Belajar Dekorasi Kue 52
B. Pengujian Persyaratan Analisis Uji Normalitas 54
C. Pengujian Hipotesis 55
1. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan
Hasil Belajar Dekorasi Kue 55
2. Hubungan Kreativitas dengan
Hasil Belajar Dekorasi Kue 56
3. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran dan
Kreativitas dengan Hasil Belajar Dekorasi Kue 57
D. Pembahasan Hasil Penelitian 59
E. Keterbatasan Penelitian 62
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN
A. Kesimpulan 64
B. Implikasi Hasil Penelitian 67
C. Saran-Saran 81
DAFTAR PUSTAKA 83
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1. Hasil Uji Coba Instrumen Penelitian 124
a. Data Angket Penggunaan media pembelajaran 124
b. Data Angket Kreativitas
c. Data Angket Hasil belajar dekorasi kue 131
d. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Penggunaan media pembelajaran 138
e. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Kreativitas 138
f. Perhitungan Reliabilitas Butir Angket Hasil belajar dekorasi kue 139
g. Perhitungan Validitas Angket Analisi Kebutuhan 140
h. Perhitungan Validitas Angket Kreativitas 140
i. Perhitungan Validitas Angket Hasil belajar dekorasi kue 142
2. Data Hasil Penelitian 147
a. Data Hasil Angket Penggunaan media pembelajaran 147
b. Hasil Angket Kreativitas 149
c. Data Hasil Angket Hasil belajar dekorasi kue 151
3. Uji Normalitas Data 153
a. Uji Normalitas Data Galat Taksiran Y atas X1 153
b. Uji Normalitas Data Galat Taksiran Y atas X2 154
9. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Antara Variabel X1
Terhadap Y 156
10. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Antara Variabel X2
Terhadap Y 162
11. Perhitungan Penentuan Persamaan Regresi Ganda Antara Variabel X1
dan X2 Terhadap Y 168
12. Menguji Keberartian Persamaan Regresi Ganda ................................... 170
13. Perhitungan Koefisien Relasi ganda 173
14. Perhitungan Koefisien Korelasi Parsial Y atas X1 174
15. Perhitungan Koefisien Korelasi Parsial Y atas X2 177
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1. Spesifikasi Instrumen Penggunaan Media Pembelajaran…………......... 43
2. Karakteristik Angket Evaluasi Hasil Belajar............................................. 45
3. Spesifikasi Instrumen Kreativitas……………….................................... 46
4. Karakteristik Angket Kreativitas............................................................. 47
5. Spesifikasi Instrumen Hasil Belajar Dekorasi Kue ……......................... 47
6. Karakteristik Angket Hasil Belajar Dekorasi Kue……………............... 47
7. Distribusi Frekuensi Skor Penggunaan Media Pembelajaran …………… 51
8. Distibusi Frekuensi Skor Kreativitas 52
9. Distribusi Frekuensi Skor Hasil belajar dekorasi kue 54
10. Rangkuman Hasil uji Normalitas Data Variabel Penelitian 55
11. Analisis Varians Regresi Linier Sederhana Y Atas X1 56
12. Analisis Varians Regresi Linier Sederhana Y Atas X2 57