bali indonesia keren indah dan disukai semua orang

Pantai Kuta boleh saja jadi daya tarik utama Pulau Bali. Tapi, Pulau Dewata ini masih punya suguhan lain bagi para traveler yang ingin menyepi. Menjauh dari keramaian di 6 pantai rahasia di Bali.

Alam dan budaya adalah alasan kuat di balik kegemaran wisatawan mancanegara terhadap pulau Bali. Kuta dan Seminyak adalah dua contoh pantai yang digandrungi traveler domestik. Namun, ada pantai-pantai sepi pengunjung dan tak banyak diketahui orang.

Keberadaan pantai ini seolah menjadi rahasia, padahal keindahannya luar biasa. Disusun detikTravel, Kamis (21/6/2012), inilah 6 pantai tersembunyi untuk Anda menyepi di Pulau Dewata:

1. Pantai Ungasan


Pantai yang terletak di wilayah paling selatan Pulau Bali ini didaulat sebagai salah satu pantai tercantik. Inilah pantai yang jadi tempat berdirinya Nammos Beach Club, salah satu kelab paling tersohor di Pulau Dewata. Untuk menikmati pantai ini, Anda harus merogoh kocek Rp 250 ribu sebagai tiket masuk, yang bisa digunakan seluruhnya untuk membeli makan dan minum.

Pantai tercantik, benarkah? Argumen ini boleh diadu ketika Anda menyaksikannya sendiri. Bentangan pasir putih diterpa ombak kecil dari lautan berwarna biru jernih. Melihat pantai ini dari Nammos Beach Club akan mengingatkan Anda tentang pantai-pantai di sekeliling Laut Mediterania. Cantik

Selain Nammos Beach Club, Pantai Ungasan hanya bisa diakses kalau Anda menginap di Karma Kandara Resort atau Banyan Tree Resort. Dua resor ini persis berdiri di sebelah Nammos Beach Club. Selain berenang, kegiatan yang paling digemari wisatawan tentu saja berjemur sambil menyeruput koktail segar!


2. Pantai Balangan


Saat Pantai Dreamland sudah dipenuhi resor dan tak lagi sepi, para peselancar melangkahkan kaki mereka ke Balangan. Hamparan pasir putih terbentang, bersih dan hampir tak ada sampah. Warung-warung di sepanjang tepinya menyajikan mie instan, bir dingin, juga menyewakan kursi berjemur.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini tentu saja berselancar, karena ombak yang menabrak tepian pantainya serupa dengan Dreamland. Anda juga bisa berenang, bermain pasir, atau berjemur di kursi untuk menikmati pemandangan indah. Namun berhati-hatilah, karena terdapat karang di beberapa tempat. Reef shoes sebaiknya digunakan.

Dari Kuta, ambillah arah menuju Bypass Ngurah Rai hingga lewat Nusa Dua, lalu belok ke arah Uluwatu 10 menit kemudian. Siapkan kedua mata Anda dalam kondisi awas akan adanya papan penunjuk jalan ke arah Balangan.

3. Pantai Amed

Kalau Anda lebih berhasrat untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Dewata, Pantai Amed adalah jawabannya. Mungkin Anda akan kaget ketika melihat hamparan pasir vulkanis berwarna kehitaman menyambut Anda di sepanjang pesisir pantainya. Tapi jangan menganggap remeh dulu, karena pantai ini adalah titik awal aktivitas penyelaman yang super indah!

Selain diving, tentu saja snorkeling jadi agenda utama. Pantai ini terletak dekat dengan Pantai Nipah dan Tulamben, yang tersohor dengan keindahan bawah lautnya. Di pantai ini, terdapat desa nelayan penghasil garam laut. Pada malam hari, coba telusuri bibir pantai dan nikmati langit yang hampir selalu bertabur bintang.

Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun taksi. Dari arah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, bertolaklah ke arah timur Desa Culik yang ada di jalan utama Karangasem-Singaraja.

4. Pantai Geger


Jika Anda mengutamakan agenda berenang saat liburan, inilah pantai pertama yang harus ada dalam daftar. Hanya lima menit perjalanan dari Nusa Dua Golf Course, Pantai Geger akan menyambut Anda dengan gradasi warna air biru kehijauan. Ombaknya tak besar sehingga nyaman untuk aktivitas renang. Pantai ini juga berada di sebelah St Regis Nusa Dua Resort.

Pasir pantainya berwarna cokelat muda, halus dan padat, memungkinkan Anda bermain voli pantai atau arena balap lari bagi anak-anak. Beberapa restoran terletak tak jauh dari sini, yang terkenal sebagai tempat 'sunday brunch' bagi para turis.
Jika beruntung, Anda bisa menemui para penghasil rumput laut bekerja di sebuah area antara Kafe Geger dan Kuil Geger.

Belum cukup? Baiklah, satu keuntungan lain. Geger adalah salah satu pantai di mana kerap kali para turis berjemur secara 'topless'.

5. Pantai Bias Tunggal


Pantai Tunggal biasa disebut Pantai Kecil. Menarik, karena pendatangnya kebanyakan para petualang dan jauh dari jangkauan turis. Walaupun letaknya dekat dengan Padang Bai, Anda harus berjalan kaki dengan trek berbatu sepanjang 500 meter untuk mencapai bibir pantainya. Trek dimulai dari terminal kapal ferry Padang Bai.

Namun, apa yang akan menyambut Anda di ujung sana adalah spektakuler. Laut dengan gradasi warna putih-biru muda-biru tua memenuhi seluruh sudut mata. Dipercantik dengan pasir putih nan halus serta deretan pohon kelapa.

Dari titik terpencil ini, Anda bisa melihat kapal-kapal yang masuk dan keluar dari Padang Bai. Pantai ini memang memungkinkan untuk berenang, namun berhati-hatilah karena ombak bisa sewaktu-waktu tinggi. Aktivitas terbaik untuk dilakukan di pantai ini adalah, diam menikmati panorama laut yang menawan.

6. Pantai Pasir Putih


Sesuai namanya, pantai ini diisi bentangan pasir putih bersih. Tak heran, pantai ini menjadi primadona Kabupaten Karangasem. Letaknya bersembunyi di antara dua tebing di Desa Prasi.

Ini adalah pantai yang cocok untuk semua aktivitas pinggir laut, mulai dari berjemur sampai berenang di antara ombak di lautan biru. Asyiknya, tak banyak pengunjung yang mendatangi pantai ini. Hanya ada beberapa warung yang menyajikan mie instan dan minuman dingin.
museum yang fenomenal gak kalah menarik dikujungi di bali 
Jakarta - Tidak hanya pantai dan sunset, Bali juga memiliki banyak museum keren. Inilah 5 museum keren di Bali yang kerap dikunjungi traveler, domestik dan mancanegara. Ada koleksi-koleksi unik dan menarik di sana. Mau tahu?

Bali adalah surganya traveler. Destinasi wisata seperti pantai menjadi sajian utama dari Pulau Dewata ini. Selain itu, ternyata Bali juga memiliki museum-museum keren dan tak kalah menarik. Disusun detikTravel, Selasa (25/9/2012), berikut 5 museum keren di Bali:

1. Museum Kerang, Kuta

Jika selama ini Anda melihat kerang-kerang di lautan, maka di Bali Shell Museum atau Museum Kerang, Anda akan melihat beraneka macam kerang dengan bentuk yang unik. Museum yang beralamat di Jl Sunset Boulevard, Kuta ini juga menyimpan fosil kerang berusia ratusan tahun!

Di museum seluas 1.500 m2 ini, Anda bisa melihat ribuan jenis kerang. Museum ini pun menjadi satu-satunya museum kerang yang terdapat di Indonesia. Museum ini dibagi menjadi tiga lantai. Di lantai pertama terdapat lampu, pajangan dinding, sampai pernak-pernik yang ditata apik dari bahan dasar kerang.

Di lantai dua, ada koleksi kerang dalam berbagai ukuran dan umur. Eits, kerang-kerang ini tak hanya diambil dari perairan Indonesia saja, tapi juga seluruh dunia!

Yang paling terkenal, adalah fosil Orthoceras, kerang panjang berbentuk pipih yang diperkirakan berumur 395 juta tahun. Wow! Di lantai tiga, ada museum biota laut yang berisi fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, dan lain-lain.

2. Museum Gunung Batur

Gunung Batur merupakan sisi lain keindahan Bali. Dari wilayah Kintamani, Anda bisa makan siang sambil menikmati pemandangan gunung dan danaunya. Tak hanya itu, Anda juga bisa berkunjung ke Museum Gunung Batur untuk mengenal gunung api itu lebih dekat.

Dengan tinggi mencapai 1.717 mdpl, Gunung Batur merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia. Nah, Anda bisa belajar banyak segala hal tentang gunung berapi di Museum Gunung Batur di Taman Wisata Alam Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Di dalam museum, terdapat aneka jenis batuan yang berasal dari gunung berapi serta penjelasannya. Terdapat pula beberapa peralatan yang digunakan ilmuwan untuk meneliti gunung berapi. Tak ketinggalan, ada juga foto-foto Gunung Batur dan beberapa gunung berapi yang ada di Indonesia.

Di dalam museum Anda juga dapat menonton film dokumenter tentang perkembangan Gunung Batur dan sejarah letusannya. Puas menonton film, Anda bisa melihat langsung Gunung Batur dengan menggunakan teropong di ruang pengamatan. Museum ini buka hari kerja dan harga tiket masuknya Rp 10.000. Museum Gunung Api Batur sering dikunjungi oleh siswa-siswi sekolah dan sudah dikenal oleh kalangan wisatawan mancanegara.

3. Museum Subak

Subak adalah sebuah sistem irigasi yang didasari musyawarah di Bali. Dengan adanya Subak, para petani mendapatkan jatah air dengan adil. Oleh sebab itu, Subak ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada bulan Mei 2012 lalu. Nah, Anda bisa mengenal Subak lebih dekat di Museum Subak yang ada di Jl Jend Gatot Subroto, Kabupaten Tabanan.

Museum ini terbagi dua, yaitu Museum Induk sebagai sebuah kompleks yang punya dua gedung utama, yakni pusat informasi dan gedung pameran. Selain itu ada pula Museum Terbuka adalah ketika Anda melihat sendiri sawah yang terbentang luas, hasil dari sebuah tradisi turun-temurun yakni Subak.

Di dua bangunan utama itu, Anda bisa mengenal dan belajar segala hal yang berkaitan dengan pertanian di Bali. Di sini terdapat pula miniatur Subak lengkap dengan proses pembuatannya. Mulai dari tahap menemukan sumber mata air, membuat terowongan air, hingga mengukur saluran irigasi.

Anda juga bisa mengenal beragam alat pertanian tradisional. Ada alat pemotong dan penumbuk padi, juga alat pembajak sawah. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak, perpustakaan pun tersedia untuk memuaskan dahaga akan informasi.

4. Museum Puri Lukisan

Tidak sedikit seniman handal yang menggambarkan keindahan Bali dalam suatu lukisan. Jika Anda ingin melihat lukisan-lukisan menawan di Bali, datang saja ke Museum Puri Lukisan di Jl Raya Ubud, Ubud. Dijamin akan terkesan!

Museum yang memiliki 3 bangunan ini mengoleksi karya dari seniman terkenal Bali seperti Ida Bagus Nyana, Ida Bagus Gelgel, I Gusti Nyoman Lempad, Anak Agung Gde Sobrat, dan I Gusti Made Deblog. Tidak hanya seni lukis, Anda juga bisa menikmati seni pahat yang ciamik.

Saat memasuki museum ini, Anda seolah memasuki 'dunia Bali'. Ornamen-ornamen khas Bali menghiasi tiap ruangan dan suasana Bali sungguh kental. Lukisan para penari Bali yang cantik hingga pahatan-pahatan dewa, dapat Anda temukan di sana.

Tak hanya itu, alunan musik Bali akan menemani Anda sepanjang perjalanan. Museum Puri Lukisan juga memiliki taman yang hijau nan asri. Karya-karya seniman yang menawan dibalut dengan suasana yang harmonis. Sempurna!

5. Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma

Terletak tak jauh dari Ubud, ada Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma. Museum ini memiliki koleksi 1.200 topeng dan 4.700 boneka dari seluruh belahan dunia. Wow!

Dibangun sejak tahun 2006, Rumah Topeng dan Boneka Setia Darma memiliki luas sekitar satu hektar. Museum ini akan mengenalkan kepada Anda tentang kebudayaan topeng dan boneka lebih dekat. Selain dari Indonesia, ribuan koleksi di dalamnya juga berasal dari Afrika, Jepang, China, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan masih banyak lagi.

Museum ini terdiri dari empat ruang pameran, lapangan terbuka, sebuah taman tropis Bali dan panggung. Selain memajang koleksi ribuan topeng dan boneka, museum ini juga sering dipakai untuk acara-acara bertemakan kebudayaan. Seru!

Itulah 5 Museum keren di Bali yang wajib Anda datangi. Selain koleksinya yang unik dan menarik, museum-museum ini akan membuat Anda semakin cinta Bali.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)