pengertian bahasa menurut para ahli

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli
Adapun pengertian bahasa menurut ahlinya akan dijelaskan berikut ini:

KBBI
Bahasa merupakan sistem bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerjasama, dan mengidentifikasi diri.

Pengertian bahasa menurut Sudaryono adalah suatu sarana dalam berkomunikasi secara efektif meskipun tidak sempurna sehingga dari ketidaksempurnaan bahasa maka dapat menjadi sarana komunikasi yang juga dapat menjadi sumber kesalahpahaman.

Gorys Keraf
Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia.

Finoechiaro
Bahasa merupakan sistem simbol vokal yang arbitrer serta dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam suatu kebudayaan tertentu ataupun orang lain yang akan mempelajari sistem kebudayaan tersebut yaitu dengan cara berkomunikasi ataupun berinteraksi.

Kamus Linguistic
Bahasa ialah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh masyarakat dalam berinteraksi, mengidentifikasi diri, serta bekerjasama.

Dalam tujuan filologis, bahasa berfungsi untuk mempelajari naskah-naskah tua guna menyelidiki latar belakang sejarah manusia, kebudayaan dan adat-istiadat, serta perkembangan bahasa itu sendiri.
Bahasa juga berfungsi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam bidang teknologi sendiri, bahasa juga digunakan pada konsep kecerdasan buatan.

Harimurti Kridalaksana
Bahasa merupakan sistem bunyi yang bermakna dan digunakan untuk berkomunikasi oleh setiap kelompok manusia.

Pengertian bahasa menurut Bolinger adalah suatu sistem fonem yang terbentuk karena adanya perbedaan bunyi, sintaksis dan sistem morfem untuk mengungkapkan makna yang berhubungan dengan dunia luar dimana dunia luar yang dimaksud yaitu kenyataan.

Bahasa berasal dari bahasa Sanskerta भाषा, yaitu "bhāṣā" yang memiliki arti kapasitas khusus yang ada pada manusia guna menggunakan dan mendapatkan sistem komunikasi secara kompleks, serta sebuah bahasa merupakan contoh spesifik dari sistem itu. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut linguistik.


Bahasa adalah sistem manusia di dalam berkomunikasi yang menggunakan gaya dengan bebasa oleh pelakunya, seperti suara suara, gerak tubuh, dan / atau simbol tertulis. Studi bahasa disebut linguistik.

Ahli bahasa (yaitu, spesialis dalam studi bahasa) telah didefinisikan bahasa dalam berbagai cara. Di sini, secara kronologis diatur, adalah beberapa definisi tersebut.

"Bahasa adalah metode murni manusia dan non-naluriah mengkomunikasikan ide-ide, emosi dan keinginan melalui simbol-simbol secara sukarela diproduksi."
(Edward Sapir, Bahasa: Sebuah Pengantar Studi Pidato Harcourt, Brace and Company, 1921).

"Sebuah bahasa adalah sistem simbol vokal yang sewenang-wenang dengan cara yang kelompok sosial bekerja sama."
(B. Bloch dan G. Trager, Outline Analisis Linguistik. Waverly Press, 1942)

Mulai sekarang saya akan mempertimbangkan bahasa menjadi satu set (terbatas atau tak terbatas) dari kalimat, masing-masing hingga panjang dan dibangun dari sebuah himpunan berhingga elemen. "
(Noam Chomsky, Syntactic Structures, 1957)

"[L] anguage adalah perilaku yang memanfaatkan bagian tubuh:.... Aparat vokal dan sistem pendengaran untuk bahasa lisan; aparat brakialis dan sistem visual untuk bahasa isyarat bagian tubuh tersebut dikendalikan oleh tidak lain dari otak karena mereka fungsi. "
(Fred C.C. Peng, Bahasa di Otak:. Penilaian Kritis Continuum, 2005)

"Sebuah bahasa terdiri dari simbol-simbol yang menyampaikan makna, ditambah aturan untuk menggabungkan simbol-simbol, yang dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai tak terbatas pesan."
(Wayne Weiten, Psikologi: Tema Dan Variasi, ed 7 Thomson Wadsworth, 2007).

"Kita dapat mendefinisikan bahasa sebagai sistem komunikasi menggunakan suara atau simbol yang memungkinkan kita untuk mengekspresikan kami perasaan, pikiran, gagasan, dan pengalaman."
(E. Bruce Goldstein, Cognitive Psychology:. Menghubungkan Pikiran, Penelitian, dan Pengalaman Everyday, 2nd ed Thomson, 2008)

Contoh kalimat dengan menggunakan bahasa :

Berapa bahasa yang kamu kuasai?
Perancis adalah bahasa pertama.
Buku ini telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa.
Dia belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
kata baru yang baru-baru ini telah memasuki bahasa formal dalam laporan
keindahan bahasa Shakespeare
Dia mengungkapkan ide-idenya dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan jelas.
Dia selalu berhati-hati dalam penggunaan bahasa nya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)