manfaat senyum bagi kesehatan

versi detikom
1. Senyum membuat seseorang lebih menarik
Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati
Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

3. Senyum bisa menular
Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.
+Rinal Purba
4. Senyum bisa meredakan stres Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

 5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

 6. Senyum menurunkan tekanan darah Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.

 7. Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

 8. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

 9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

 10. Senyum bisa membantu orang tetap positif Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif.

 Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit. SENYUM itu SEHAT if u smile the world smile with


Manfaat senyum untuk penyembuhan
Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat berkurang, dan dampak kesehatan yang baik dengan terapi senyum,  senyuman kebahagiaan yang bisa kamu lakukan.
1. Menghilangkan Stress
Pekerjaan yang menumpuk dengan waktu yang terbatas, pasti bikin kamu stress. Belum lagi kalo ada masalah pribadi. Cobalah untuk luangkan waktu sebentar. Rilekskan diri, praktekan senyum yang baik, lupakan sejenak masalah yang bikin kamu stress, ingat dan kenanglah masa-masa yang menyenangkan buat kamu.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Kalo kamu mengalami gejala-gejala yang menampakkan bahwa kamu sedang bertekanan darah tinggi, cobalah untuk tersenyum yang baik, nikmati setiap detik demi detiknya.
3. Membuat Awet Muda
Tahukah kamu saat kita tersenyum, ternyata tubuh kita sedang mengaktifkan kembali sel-sel yang pasif ? Menurut penelitian, Orang yang lebih banyak meluangkan waktu untuk tersenyum mempunyai aura yang positif dan nampak lebih energik. Sehingga dengan begitu, kamu dapat terlihat lebih muda.
4. Meningkatkan Imunitas
Sistem imun akan bekerja dengan maksimal, saat keadaan seseorang lebih rilkes. dan senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Flu dan batuk pun bisa hilang dengan teraphy senyum.
5. Melepas Endorphin, Pemati Rasa Alamiah dan Serotonin
Tahukah kamu hormon endorphin, pemati rasa alamiah dan serotonin?? ketiganya adalah hormon yang dapat mengendalikan rasa sakit, dan ternyata senyum dapat menghasilkan hormon-hormon tersebut. Subhanallah……
6. Membuat Positive Thinking
Senyum adalah milik orang-orang yang ber-aura positive, sehingga saat kamu tersenyum semua yang positive akan nampak. Dari situlah kamu akan mendapatkan banyak ide cemerlang dan berbagai hal positive yang pasti akan membuat kamu jauh lebih baik. Dan tahukah kamu, bahwa kesembuhan yang utama dapat diraih seseorang dengan semangat hidup yang tinggi, dan semua itu dapat kamu peroleh dari sebuah senyuman. Sangat simple kan ??
Sebagian manusia ketika berbicara tentang senyuman, mengaitkan dengan pengaruh psikologis terhadap orang yang tersenyum. Mengkaitkannya boleh-boleh saja, yang oleh kebanyakan orang boleh jadi sepakat akan hal itu. Namun, seorang muslim memandang hal ini dengan kaca mata lain, yaitu kaca mata ibadah, bahwa tersenyum adalah bagian dari mencontoh Nabi saw. yang disunnahkan dan bernilai ibadah.

Benarkah senyum itu menarik simpati? 
Seseorang yang selalu tersenyum menyebabkan orang-orang yang berada di sekitarnya menjadi nyaman dan damai. Kedamaian dan kenyamanan menarik simpati orang-orang disekeling kita. Ketika senyum hilang dari wajah kita, maka lingkungan menjadi tidak nyaman meski sebenarnya tidak ada masalah dilingkungan itu. Dengan tersenyum, maka dapat menyelesaikan masalah sekalipun terdapat penghalang besar sebesar tembok raksasa Cina. Kekuatan senyum diibaratkan mampu mengalahkan kekuatan bom atom atau bom nuklir sekali pun.

Senyum membuat wajah kelihatan cantik dan gagah. Walau wajah tidak gagah atau cantik, dengan ekspresi tersenyum seseorang akan kelihatan gagah dan cantik. Kecerahan dan keceriaan wajah oleh senyum adalah aktualisasi perasaan kecantikan dan kegagahan seseorang. Senyum juga membuat suasana beku menjadi mencair, suasana cemas menjadi hangat, suasana ragu-ragu menjadi harmonis.

perspektif fisiologis, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, juga di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang. Jadi, dengan tersenyum Anda akan terlihat kuat dan tabah menghadapi kerasnya kehidupan. Persoalan hidup yang sulit juga -kendati menekan Anda - akan dilupakan sejenak sehingga Anda memiliki kekuatan lebih untuk menyelesaikan persoalan hidup yang lain.

Menurut Dr. Aidh al-Qarni dalam La Tahzan, term “senyum” itu sendiri adalah kata yang indah, menarik hati, menyenangkan dan menggembirakan. Setiap orang yang melihat seseorang sedang tersenyum akan merasa damai dan hati diliputi kesejukan. 

Maka, tersenyumlah sebagai olahraga yang menyehatkan, ibadah bagi Anda serta sedekah bagi orang di sekitar Anda. Namun, yang patut ditegaskan, agar senyuman Anda berdampak positif maka senyumlah se-ikhlas hati. Jangan pernah membungkus senyuman dengan kepentingan. Sebab itu berarti Anda mencabut senyum dari esensinya.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)