manipulasi adalah (data, variabel dan lingkungan)

mipulasi : 
1 tindakan untuk mengerjakan sesuatu dng tangan atau alat-alat mekanis secara terampil; 2 ki upaya kelompok atau perseorangan untuk memengaruhi perilaku, sikap, dan pendapat orang lain tanpa orang itu menyadarinya; 3 ki penggelapan; penyelewengan: -- uang proyek di instansi itu telah diperiksa oleh Bepeka;
Manipulasi adalah sebuah proses rekayasa dengan melakukan penambahan, pensembunyian, penghilangan atau pengkaburan terhadap bagian atau keseluruhan sebuah realitas, kenyataan, fakta-fakta ataupun sejarah yang dilakukan berdasarkan sistem perancangan sebuah tata sistem nilai, manipulasi adalah bagian penting dari tindakan penanamkan gagasan, sikap, sistem berpikir, perilaku dan kepercayaan tertentu.

Manipulasi lingkungan adalah suatu bentuk kegiatan untuk menghasilkan keadaan sementara yang tidak menguntungkan bagi nyamuk, untuk berkembang biak di habitatnya, seperti mengangkat lumut dari laguna, pengubahan kadar garam dan sistem pengairan secara berkala dibidang pertanian (Depkes, 2002; Sigit & Hadi, 2006). Dalam penelitian yang dilakukan di Sihepeng, Siabu, Tapanuli Selatan telah dibuktikan bahwa ikan nila mampu menurunkan populasi jentik nyamuk di kolam percobaan. Ikan nila dipilih dan dipakai sebagai pengendali nyamuk karena beberapa hal yang menguntungkan yaitu, karena ikan nila sangat rakus memakan jentik dari ikan Poecilia sp. maupun Gambusia sp. Ikan nila mudah dikembangbiakkan, bersifat omnivora, cepat besar, rasanya enak dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi (Sudomo, et al., 1998). Pengalaman di Cina dan India menunjukkan, bahwa pemeliharaan ikan pemakan jentik nyamuk, yang dapat dikonsumsi dan dijual, sangat menguntungkan untuk mengurangi populasi jentik dan sekaligus menambah penghasilan. Dengan pengurangan sumber (source reduction) nyamuk, maka dampak yang diharapkan adalah pengurangan penularan malaria (WHO, 1995).

Manipulasi data itu mengubah data2 dgn tujuan untuk "mengelabui" pihak2 yg kita inginkan. Contohnya:

1. Di perusahaan sudah bukan rahasia umum kalo mereka memanipulasi data2 penjualan dan pendapatan sebelum diserahkan ke bagian pajak

2. Memanipulasi nilai IPK atau rapot dgn tujuan utk mendapatkan beasiswa.

3. Memanipulasi tahun kelahiran di KTP supaya dikira orang lebih muda..hehehehehe
materi referensi:
pengalaman pribadi memanipulasi banyaaaaaaaakkkk data:-)

Variabel manipulasi adalah besaran yang sengaja diubah-ubah (diatur) untuk memperoleh hasil tertentu. Misalnya : suhu, volum, dan lain-lain.

Variable control adalah besaran yang dapat berubah karena perubahan yang dilakukan pada variable manipulasi. Misalnya: kelaruran, laju reaksi, dan lain-lain.

Sebagai contoh, bila kita ingin mengetahui pengaruh suhu terhadap kecepatan proses pelarutan, maka yang menjadi variable manipulasi adalah suhu, sedangkan variable kontrolnya adalah kecepatan proses pelarutan.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)