modal membuka warnet dan game online

disini kita membicarakan membuka warnet dengan modal sebesar RP 217.juta lima ratus ribu rupiah ... jangan kaget dengan besarnya biaya tersebut , namanya juga membuka usaha , maka anda harrus berani dan untuk mendapatkan modalnya jangann khawatir di bawah ini akan di jelaska semuanya ...:

B.  Rencana Lokasi Usaha
Rencana lokasi usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
1.     Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
2.    Lokasi berada ditengah kawasan pemukiman penduduk.
3.    Lokasi dekat dengan kawasan bisnis (daerah perkantoran).
4.    Lokasi dekat Fasilitas umum yang sering dikunjungi
Lokasi yang saya prioritaskan saat ini adalah di Jalan kalimalang (universitas gunadarma) ,SMA negeri 8 bekasi, dan di jakarta tentunya seperti di jalan S. Parman, Jakarta Barat, dengan pertimbangan seperti diatas (lokasi berada dekat dengan Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, Universitas Krida Wacana, SMA BPK Penabur, berada dekat dengan kawasan bisnis dan perkantoran, serta berada dekat kawasan pemukiman penduduk).

C.  Jenis Usaha
Jenis  usaha yang direncanakan adalah :
1.     Warnet dan game online ( fokus usaha pada bulan pertama )
2.    Digital printing dan scanning ( pada bulan ke-1 )
3.    Penjualan makanan dan minuman ringan (pada bulan ke -2)
4.    Dan lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan anggaran yang tersedia.

D.  Konsumen Yang Dituju
Pelajar dan mahasiwa,penduduk sekitar  serta pegawai kantor dan masyarakat disekitar lokasi warnet.
E.   Keunggulan
Dalam memulai usaha warnet ini, semua instalasi software, jaringan LAN, router, dan proxy server, dapat kami lakukan sendiri, dengan demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga. Sehingga akan menghemat biaya pengeluaran

F.   Strategi Harga Produk & Pemasaran
Harga yang kami tawarkan relatif murah seperti di warnet lainnya yaitu Rp 3.000 per jam. Jika lebih dari satu jam misal 2 jam akan di kenakan biaya Rp 2500/jam. Namun untuk lebih menarik minat, kami memberlakukan paket internet untuk penggunaan dinihari. Untuk senin sampai jumat dinihari (00:00 – 06:00) dikenakan tarif Rp 10.000 ditambah dengan minuman &makanan ringan gratis. Untuk sabtu dan minggu dinihari dikenakan tarif Rp 15.000 ditambah dengan minuman & makanan ringan gratis.

G.  Strategi Promosi Pada Konsumen
Kami akan melakukan Promosi  berupa penyebaran pamflet dan brosur ditempat-tempat umum, seperti sekolah, kampus, tempat keramaian, serta di jalan-jalan umum sekitar lokasi warnet. Selain itu juga, promosi dilakukan dengan spanduk, dan banner yang dipasang ditempat ramai. Promosi juga dapat dilakukan secara tidak langsung lewat mulut kemulut para pelanggan yang puas dengan pelayanan warnet kami.

Estimasi Biaya Awal
Biaya awal perlengkapan warnet, dengan perincian sebagai berikut:
1.     Biaya total pengurusan SIUP dan notaris = Rp 5.000.000    
2.    Biaya perlengkapan klien

3.     Biaya perlengkapan server\

4.     Biaya perlengkapan jaringan

5. Biaya tempat dan renovasi
 
6.    Biaya promosi

7.     Rekapitulasi kebutuhan biaya awal

Estimasi biaya operasional per bulan
 
Estimasi Pendapatan Kotor per Bulan
Jika 1 jam pemakaian dihitung Rp 3.000, dan estimasi pemakaian setiap komputer adalah 15 jam per hari selama 30 hari (per bulan).
NB: Estimasi pemakaian komputer berdasarkan pemakaian normal, tidak terhitung pemakaian dengan sistem paket, yang akan diberlakukan sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.
 

Estimasi Pendapatan Bersih per Bulan
 
Cara Pembayaran Pinjaman Modal Usaha
Metode pelunasan pinjaman modal: dengan pinjaman Rp 250.000.000 ditambah bunga sebesar 10% setiap tahunnya untuk jangka waktu pelunasan 5 tahun, maka diketahui jumlah yang harus dibayar secara berkala sebesar Rp 6.250.000 setiap bulannya.
Itu sudah dianggarkan kedalam dana perhitungan aman yang diambil dari laba minimal setiap bulannya. Sehingga akan menghindar biaya kemacetan kredit.

Jika Usaha Macet Akan Di lakukan Pelelangan Usaha Macet
Ada dua kemungkinan dari setiap usaha yang berjalan, yaitu berkembang dan macet. Tindakan yang akan saya perlukan apabila suatu waktu usaha dalam keadaan macet yaitu:
1.     Melelang usaha dengan semua manajemen dan cashflow; atau
2.    Melelang semua perangkat komputer dan warnet; atau
3.    Menjual satu persatu perangkat komputer ke pasaran komputer
Catatan : Kami merasa yakin, dengan fasilitas Warnet yang kami sediakan serta  spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada dan dalam keadaan baik serta terurus selama kami yang mengendalikannnya, akan memberikan nilai jual kembali yang bagus. Dan akan menjaga kepuasan konsumen.

demikian semoga sukses usaha warnet anda ..... by +Rinal Purba
Facebook CommentsShowHide