memperbaiki bad sector hard disk

masalah bad sector pada harddisk komputermu? Kalau iya, jangan vonis Hukum Mati Dahulu hehe harddisk kamu sebelum menjajal tools software Repair HDD Bad Sector yang satu ini. Karena program yang bersifat under DOS ini mampu mendeteksi bagian bad sector pada harddisk untuk selanjutnya melakukan perbaikan.
Karena cara kerja program ini melalui modus DOS, kamu harus menjalankannya melalui boot cd dari software ini. Begitu masuk ke dalam layar tampilan awal program, kamu bisa memilih modus start-up yang kamu inginkan. Seperti terlihat dalam gambar dibawah ini.

Selain mendukung driver pada CD/DVD ROM, program ini juga mendukung partisi FAT32 dan NTFS.
Selanjutnya setelah memilih menu Start-Up, akan tampil menu utama berikut. Dari menu ini kamu bisa memulai pengecekan pada harddisk kamu.

Di bawah ini merupakan proses pengecekan dari Repair HDD Bad Sector, apabila program mendapatkan adanya bagian yang corrupt pada harddisk (bad sector), maka secara otomatis program akan melakukan perbaikan pada bagian bad sector tersebut.

Repair HDD Bad Sector Processing

Sebagai catatan, link download Repair HDD Bad Sector dalam format image (ISO). Jadi setelah mendownload ekstrak file (rar) terlebih dahulu, kemudian kamu bisa langsung membakarnya melalui program bakaran yang biasa kamu pakai. Selanjutnya lakukan boot melalui CD untuk menjalankan program.



Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk dengan beberapa tools
Ada beberapa tools aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki bad sector hardisk yang rusak secara software. Pada artikel ini saya hanya memperkenalkan tools-nya dan silahkan anda pelajari cara penggunaannya. Tool yang dimaksuda yaitu:

HDD LLF Low Level Format Tool
Sebelum menggunakan tool HDD LLF Low Level Format Tool ini pastikan data yang diperlukan di-backup terlebih dahulu. Hal ini karena tool bersangkutan akan membersihkan data-data yang sangat pribadi atau rahasia secara permanen. Progam Low level format adalah tool yang berfungsi untuk menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam hardisk serta informasi bad sector pada bagian yang rusak.

Setelah menjalankan tools ini maka kondisi hardisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format Tool:

  Download program HDD Low Level Format di http://hddguru.com/software/HDD-LLF-Low-Level-Format-Tool/
    Install dan jalankan program HDD Low Level Format tools sehingga muncul tampilan seperti dibawah :
    -Pilih hardisk yang akan di-format, kemudian klik [Continue].
    -Klik tab [LOW-LEVEL FORMAT] lalu klik [FORMAT THIS DEVICE]
    -Tunggu hingga proses selesai, biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama jadi silahkan gelar tikar dan minum kopi. HDD Low Level Format Tool selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dkk.

Bad Block Recovery Softwares dari Vendor Hardisk
Beberapa vendor hardisk mengeluarkan software / tool diagnostic untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, seperti :

   1. Fujitsu IDE Low level Format Utility. Software untuk memperbaiki hardisk bad sektor dari Fujitsu, dapat di download di: www.fujitsu-europe.com/support/disk/software/erase.zip
   2.  Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS. Diagnostic Tools dari Seagate yang dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain, dapat di download di: http://www.seagate.com/www/en-us/support/downloads.
   3.  Western Digital Data Lifeguard Diagnostics. Merupakan tools untuk maintenance dan repair hardisk, khusus untuk Hardisk dari Western Digital dapat Anda download di: http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/Western-Digital-DLG-Diagnostics.shtml
m

Kenapa bad sector bisa terjadi?? Pasti pertanyaan seperti itu yang ada di dalam benak sobat blogger. Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan terjadinya bad sector, di antara nya :

  •     Mematikan komputer tidak melalui shut down
  •     Pasokan daya yang kurang stabil
  •     Sering Mati lampu
  •     Ketika melepas
  •     DLL

Terus ciri-ciri kalau hardisk kita terdapat bad sector seperti apa??

  •     PC Sering Hang, untuk buka folder aja lama
  •     HDD mengeluarkan suara yang cukup berisik
  •     Data tiba-tiba hilang (folder is empty)

Semoga anda terbantu.

Dari saya sekian. Terimakasih. 

Facebook CommentsShowHide