Douglas Adams

Douglas Noël Adams (11 Maret 1952 – 11 Mei 2001) adalah seorang penulis dan musikus Inggris. Ia dikenal sebagai penulis seri Hitchhiker's Guide to the Galaxy. Hitchhiker's dimulai di radio, dan berkembang menjadi lima buku yang terjual 15 juta kopi dalam masa hidupnya. Selain itu seri ini juga diangkat ke layar TV, film, permainan komputer, dan komik.


Masih banyak hasil karya yang telah diciptakan Douglas Adams lainnya. Ia, misalnya, telah menulis tiga naskah cerita untuk film serial televisi berjudul Doctor Who, juga deretan novel seperti Dirk Gently’s Holistic Detective Agency (1987), The Long Dark Tea-Time of the Soul (1988), The Meaning of Liff (1983), Last Chance to See (1990), dan lainnya.

Karirnya sebagai penulis mulai dikenal luas setelah ia menulis skenario sebuah serial sandiwara komedi berjudul The Hitch-hiker’s Guide to the Galaxy yang disiarkan secara bersambung di radio BBC pada tahun  1978.

Karena mendapat respon yang sangat positif dari publik, serial ini kemudian dikembangkan ke dalam bentuk media lain, termasuk buku, serial televisi, komik, film layar lebar, bahkan game.
Untuk buku, The Hitch-hiker’s Guide to the Galaxy hadir dalam bentuk komik yang terdiri dari lima seri. Serial komik yang dibesut dari tahun 1979 hingga 1992 ini terjual di pasaran hingga 15 juta copy.


Selain sebagai penulis dan seniman multi talenta, sosok Douglas Adams juga lekat sebagai aktivis lingkungan hidup dan konservasi, kolektor mobil cepat dan kamera, juga penyuka komputer Apple Macintosh, serta sangat antusias terhadap inovasi dan perkembangan teknologi.


Sebagai seorang pecinta komputer Macintosh, Adams juga mendesain sebuah game berjudul Starship Titanic pada tahun 1998. Game yang diproduksi oleh pengembang The Digital Village ini diperuntukan bagi perangkat komputer.

Douglas Adams meninggal pada 11 May 2001 dalam usia 49 tahun karena serangan jantung. Ia dimakamkan di Santa Barbara, California.

Namun, setahun kemudian makamnya dibongkar dan jenazahnya dikremasi. Lalu abunya disemayamkan di Highgate Cemetery, sebuah pemakaman di utara kota London.


video terkait :
kedua
ketiga
keempat
kelima
doodle video

Facebook CommentsShowHide