-->

memperkut daya ingat pikir otak anak ibu bapa orang tua

  1. Bertawakkal kepada Allah SWT
  2. Melakukan senam otak, sebaiknya konsultasi dengan orang yang benar-benar ahli dalam senam ini, karena dapat membahayakan otak itu sendiri kalau terjadi kesalahan
  3. Jangan terlalu menyibukkan pikiran dengan hal-hal duniawi
  4. Berpikir positif, karena dapat menstimulir proses kerja otak.
  5. Jangan panik dalam menghadapi masalah, usahakan selalu tenang.
  6. Jangan menjadikan otak kita menjadi bunglon yaitu melakukan pekerjaan yang mendoble sepanjang hari.
  7. Melakukan olahraga ritmis dan bersifat aerobic secara teratur
  8. Percaya terhadap diri sendiri, jangan menjadi orang yang pesimistis
  9. Selalu siap dalam menghadapi apapun, apalagi dalam belajar.
  10. disiplin dll 
  11. makan sehat 
  12. dll
Mengatur informasi
Untuk lebih mempertahankan informasi dalam memori, cara yang dapat dilakukan adalah mengorganisir ingatan ke dalam beberapa kategori. Cara ini akan memudahkan Anda untuk mengingat sesuatu. Misalnya, jika Anda mencoba mengingat kosa kata bahasa asing, kategorikanlah sesuai jenis atau memiliki arti yang serupa. Informasi lebih mudah dicerna jika diterima secara teratur daripada informasi yang acak.

selain diatas berikut juga makanan atau buahan yang bisa menaikan daya ingat otak .
Minyak Ikan
Otak kita membutuhkan asam lemak omega3 yang bisa ditemui dari beberapa jenis ikan seperti mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk saraf otak dan mengasah daya ingat lebih tajam.
Dark Chocolate
Selain mengandung antioksidan tinggi, dark chocolate juga mengandung flavanoid yang dapat meningkatkan peredaran darah menuju otak dan membantu kemampuan kognitif otak. Oleh  karena itu, pilih dark cocholate daripada cokelat susu.



 Gandum
Banyak manfaat atau khasiat yang bisa kita ambil dari gandum, selain beresiko lebih rendah dari penurunan kognitif yang bisa menyebabkan Alzheimer, gandum juga berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat otak kita. Makan gandum beserta olahannya seperti sereal, wheatbrand, dan pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahan daya ingat otak kita.

 Brokoli
Brokoli merupakan sumber vitamin K, yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.
Tomat

Faktor usia adalah salah satu hal penyebab menurunnya daya ingat otak kita. Untuk meningkatkan daya ingat, tomat adalah buah yang cukup bermanfaat. Hal ini dikarenakan tomat kaya akan Lycopene dan antioksidan yang bisa membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas yang diakibatkan karena 
faktor usia.
Permen Karet

Permen karet dapat menjadi penyelamat di saat kantuk datang. Mengunyah permen karet membantu memperlancar peredaran darah menuju otak yang, tentu saja, juga berperan meningkatkan kemampuan berpikir
 Kacang-kacangan
Menurut the American Journal of Epidemiology, kacang atau pun selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang juga menjadi sumber vitamin E tinggi yang bisa menjaga tubuh tidak hanya dari serangan jantung tapi juga memperbaiki untuk sistem kerja dan meningkatkan daya ingat otak.
Blueberry
Ekstrak blueberry dapat membantu memelihara serta meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. (Sumber : penelitian Tufts University dan Journal of Neuroscience).
Kafein
Kopi dan teh yanng mengandung kafein membantu seseorang terjaga dan berpikir lebih baik. Bila Anda tidak terbiasa mengonsumsi kopi, pilih teh hijau untuk membantu proses berpikir Anda.
Blakcurrant
Vitamin C pada Blackcurrent sudah dikenal memiliki kekuatan untuk meningkatkan ketangkasan mental dalam berfikir. Mampu menjaga otak dari racun dari lingkungan ataupun makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat.
 Kuaci Biji Labu
Meningkatkan daya ingat bisa dengan makanan yang mengandung zinc. Zinc baik untuk meningkatkan daya ingat dan memeilahara ketajaman otak dan pikiran. Zinc bisa ditemukan di kuaci biji labu.
Facebook CommentsShowHide