cara melakukan manajemen file perintah dan manfaat

Manfaat Manajemen File yaitu dapat mengurangi resiko kehilangan file yang dikarenakan: terhapus secara tidak disengaja, tertimpa file baru, tersimpan dimana saja, dan hal lain yang tidak kita inginkan.
Perintah-perintahnya pada Windows Explorer yaitu: Copy, Cut, Paste selain itu ada juga Open, Read, Print dsb

File system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untuk mengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisi atau disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu file system ke dalam disk atau partisi dengan cara melakukan Format

Tipe File dalam Sistem Operasi

Terdapat tiga tipe file pada sistem operasi, yaitu:

  1. File reguler File yang berisi informasi, terdiri dari file teks dan file biner. File teks berisi baris-baris teks (txt). Terdapat file biner eksekusi (exe) dan file biner hasil dari program aplikasi. Struktur internal dari file biner eksekusi hanya diketahui oleh sistem operasi, sedangkan struktur internal file biner hasil program aplikasi hanya diketahui oleh program aplikasi yang menggunakan file tersebut.
  2. File folder File folder merupakan file yang dimiliki oleh sistem operasi berisi informasi mengenai daftar file yang termasuk dalam folder itu.
  3. File khusus File yang merupakan nama logic dari perangkat masukan/keluaran.
atribut file,yang diantaranya:
1. Hidden, artinya file tersebut akan disembunyikan oleh sistem operasi.
2. System, artinya file tersebut merupakan bagian dari sistem operasi.
3. Read only, artinya file tersebut hanya dapat dibaca dan tidak dapat dimodifikasi.
4. Archieve, artinya file tersebut merupakan backup dari file yang asli.


Klasifikasi pada umumnya dibagi dalam beberapa kelompok:
1. Aplikasi/Program: EXE, SCR, CMD, BAT dan sebagainya
2. System File/Driver: SYS, DLL, OCX, VXD dan sebagainya
3. Dokumen/Text: DOC, RTF, HTML, XML dan sebagainya
4. Media/Musik/Mp3/Image: AVI, MP3, JPG, PNG dan sebagainya
5. Database System: tak berextensi, MDB, SQL, DMP dan sebagainya




jika Menggunakan Windows Explorer dalam manajemen file dan folder.
  1. NEW FOLDER: Membuat Folder baru, Pilih tempat (folder) mana yang diinginkan untuk membuat folder baru, klick kanan di area kosong disebelah kanan, pilih new, dan klick folder, ketikkan nama folder, dan tekan enter.
  2. DELETE: Menghapus Folder ataupun File, Seleksi folder atau file yang ingin dihapus, ==>pada keyboard tekan Del atau Ctrl+D (untuk penghapusan file dan tersimpan di Recycle Bin), atau tekan Shift+Del (menghapus file secara permanen). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih delete, kemudian klick Yes untuk menghapus dan No untuk membatalkan hapus.
  3. RENAME: Mengganti nama folder ataupun file, Seleksi folder atau file yang ingin diganti, ==>pada keyboard tekan F2, ganti nama file (jangan dihapus ekstensi filenya). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih rename ganti nama file (jangan dihapus ekstensi filenya).
  4. CUT: Memindahkan folder atau file, pilih folder atau file, ==>pada keyboard tekan Ctrl+X, dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara tekan Ctrl+V (PASTE). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih cut, dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara klik kanan pilih paste.
  5. COPY: Menyalin folder atau file, pilih folder atau file, ==>pada keyboard tekan Ctrl+C, dan pindahkan ke tempat lain  yang diinginkan dengan cara tekan Ctrl+V (PASTE). ==> pada mouse klik kanan pada folder atau file yang diseleksi pilih copy dan pindahkan ke tempat lain yang diinginkan dengan cara klik kanan pilih paste.
tips cara MENGGANTI NAMA FILE
Untuk mengganti nama file ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Aktifkan program My Computer
  2. Pada kolom Address, misalkan drive D:NASKAH TIK 2006Kelas VII Semester I
  3. Tentukan file yang akan diganti namanya
  4. Klik menu File, kemudian klik Rename
  5. Gantilah nama file yang lama dengan nama baru yang diinginkan, terakhir tekan enter.
RECYCLE BIN; fungsinya menampung secara sementara folder atau file yang dihapus (penghapusan tidak permanen)
  • Membatalkan penghapusan. Pilih panel folder recycle bin atau icon, kemudian pilih folder atau file yang ingin dibatalkan penghapusannya, selanjutnya klik kanan pada tempat yang diseleksi dan pilih restore.
  • Membersihkan recycle bin. Pilih panel folder recycle bin atau icon, selanjutnya pilih empty recycle bin atau dengan cara klick kanan di tempat yang kosong fan pilih empty recycle bin.
tips cara MENYALIN (MENG-COPY) FILE
Sebagai contoh file yang akan disalin ada di drive D dan akan kita salin (copy) ke drive C maka langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Aktifkan program My Computer
  2. Pada kolom Address, arahkan ke drive D:NASKAH TIK 2006Kelas VII Semester I
  3. Tentukan file yang akan dicopy  
  4. Klik menu File --> Copy
  5. Kemudian klik kolom Address untuk menentukan dari drive aktif ke drive tujuan pengcopyan, klik drive C
  6. Tentukan lokasi untuk meletakkan hasil copyan, contoh pada drive C:Hasil Copy-an, lalu  klik Edit -->  Paste untuk menyalinnya. Maka file beserta isinya tersalin ke drive C dan di drive D tetap ada
Aturan Penamaan File

Meskipun sebuah file boleh dinamai apa saja, namun penamaannya harus mengikuti aturan tertentu. Aturan penamaan ini seiring dengan perkembangan teknologi microprocessor. Dulu pada saat komputer masih menggunakan microprocessor 8 bit, panjang karakter yang dibolehkan untuk nama sebuah file/folder adalah 8 karakter. Ketika komputer berkembang memakai microprocessor 32 bit, penamaan file boleh hingga 32 karakter.

Setiap file memiliki ekstensi, berupa tiga karakter yang mengikut nama file dengan tanda pemisah berupa titik (dot). Esktensi file menunjukkan tipe dari file itu. Selain itu penamaan sebuah file tidak boleh mengandung karakter-karakter yang termasuk dalam Reserved Word (yaitu / \ : ? * “ < > ). Reserver word merupakan karakter-karakter tertentu yang memiliki arti perintah khusus dalam program sehinga dicadangkan dan tidak boleh disertakan dalam nama sebuah file.

in PPT 

Manajemen file from tiksmanding
Facebook CommentsShowHide