mengenal tanda awal kehamilan


Mengenal Tanda Awal Kehamilan

"Apakah saya hamil?" Kalau Ibu mengalami gejala kehamilan, seperti terlambat datang bulan, mual di pagi hari, bolak-balik ke toilet, mudah lelah, ngidam, dan terjadi perubahan pada payudara, wah bisa jadi ada makhluk lucu yang sedang tumbuh di dalam kandungan Ibu!
Dapatkan tips secara reguler yang akan menemani setiap langkah Ibu di saat kehamilan yang indah. Ibu pun dapat bertanya kepada kami melalui Bebeclub Careline (bebas pulsa), berbagi cerita dengan sesama ibu, dan menikmati layanan lainnya.
Tips Relaksasi Selama Masa Kehamilan
Tips dari Zwitsal:
  1. Nikmati waktu sendiri! Olahraga selama masa kehamilan bagus untuk Bunda dan  untuk bayi dalam kandungan: si Kecil memperoleh makanan yang cukup dari peredaran darah Bunda yang lancar dan baik. Jadi usahakan sebanyak mungkin berjalan-jalan di udara terbuka. Berenang adalah olahraga yang baik. Hindari olahraga yang rentan guncangan, seperti lari/jogging atau berkuda.
  2.  Perhatikan postur tubuh. Berjalan atau berdiri dengan punggung membungkuk akan menimbulkan sakit punggung. Jangan memakai sepatu berhak tinggi, jangan meregang lutut terlalu sering dan jangan melakukan gerakan tiba-tiba selama masa kehamilan.
  3. Ikuti kegiatan senam hamil, yoga dan renang. Ini sehat dan membuat nyaman. Bunda bisa belajar santai dan semua persiapan melahirkan dengan tenang.
  4. Bersantai dan tidur sejenak jika menginginkannya. Postur tidur yang baik adalah tidur dengan posisi menyamping/miring, dengan lutut sisi atas menekuk. Letakkan bantal untuk menyangga perut dan lutut yang ditekuk.
  5. Manjakan diri, makan di luar rumah atau pergi ke salon/spa. Jika pergi liburan: pergi menggunakan pesawat terbang dapat dilakukan hingga kandungan berusia 7 bulan. Beri diri sendiri sedikit kemewahan dan nikmati masa kehamilan!
    berikut 10 tips yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil seperti dikutip dari coolhealthtips, Kamis (29/3/2012) antara lain:

    1. Perbanyak Istirahat
    Selama masa kehamilan cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin dan cobalah untuk menambah jam tidur Anda.

    2. Tetapkan Jam Malam
    Tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Hal ini bagus untuk kesehatan ibu dan janin.

    3. Tidur dengan Posisi Kepala dan Leher Terangkat.
    Tips dan posisi tidur untuk ibu hamil, tidur dengan kepala dan leher diangkat dapat menurunkan asam lambung.

    4. Hindari Mimpi Buruk
    Pikiran yang penuh beban ketika pergi tidur kadang akan terbawa sampai ke mimpi. Untuk menghindari mimpi buruk, berbagilah dengan pasangan mengenai masalah dan ketakutan Anda dan hindari makan malam yang terlalu banyak.

    5. Gunakan Bantal Tambahan
    Pada trimester pertama kehamilan, Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau di bawah perut agar badan lebih nyaman ketika tidur.

    6. Pakailah Bantal Panjang
    Anda akan dapat menikmati tidur yang lebih baik pada trimester kedua kehamilan dengan menempatkan bantal di antara kedua lutut dan bantal yang memanjang dari punggung hingga perut.

    7. Tidur Miring ke Kiri
    Pada trimester ketiga, cobalah untuk tidur miring ke kiri sehingga sirkulasi darah dapat ditingkatkan ke arah rahim, janin dan ginjal. Sirkulasi darah pada jantung juga dapat ditingkatkan dengan cara ini.

    8. Lakukan Aktivitas Kecil
    Memasuki trimester ketiga, ibu hamil kadang tidak bisa tidur di malam hari. Lakukan beberapa kegiatan seperti menonton TV dan mendengarkan musik sebelum Anda mencoba untuk tidur kembali.

    9. Atasi Kram Kaki
    ibu hamil kadang mengalami kram di kaki, untuk mengatasinya luruskan kaki dan gerak-gerakkan kaki Anda ke atas ketika sedang berbaring di tempat tidur.


Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)