pengertian iklan

Iklan adalah bentuk publikasi suatu aktifitas,produk atau layanan kepada masyarakt luas melalui media masa dan internet seperti koran , TV, Radio atau website atau lainnya yang bersentuhan langsung dengan publik.

Dalam pengertian umum, iklan adalah sarana bagi upaya menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Iklan adalah berita pesanan untuk mendorong dan membujuk orang agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan adalah kegiatan memberitahukan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet, dan sebagainya. Iklan berfungsi untuk menawarkan barang atau jasa kepada orang banyak melalui berbagai media.

Iklan ada beberapa bentuk, iklan komersil, iklan sosial, iklan layanan masyarakat dan lainnya.
Iklan komersil adalah bentuk publikasi suatu produk dan layanan komersil yang bertujuan peningkatan kepercayaan pelanggan kepada suatu nama produk dan layanan yang di selenggarakan oleh lembaga bisnis.

Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Iklan sosial adalah bentuk publikasi suatu keadaan yang mengharapkan kepedulian dari banyak orang.
Iklan layanan masyarakat adalah bentuk publikasi suatu keadaan yang mengisyaratkan perubahan atau tindakan dari setiap orang untuk melakukan perubahan keadaan yang lebih baik.

iklan perniagaan ialah untuk menjual atau melariskan penjualan supaya barang -barang dapat di jual dengan banyaknya dengan membawa untung kepada pengeluar dan penjual.

Cara Membuat Iklan Yang Baik

Saat kita akan membuat iklan, perhatikan beberapa hal berikut sehingga iklan sobat enak dibaca (jika berbentuk visual/gambar) dan enak didengar (jika berbentuk audio) atau bisa dua-duanya (jika berbentuk video/audiovisual). Dan berikut adalah 4 hal yang harus diingat ketika membuat iklan:

  1. Who are you?____ Masudnya, jelaskan produk atau jasa anda dengan tulisan bercetak tebal, jika perlu buatlah sebuah logo khusus untuk iklan sobat.
  2. How to get in touch with you?____ Maksudnya, cantumkan alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dari iklan sobat agar orang-orang bisa mengetahui lebih lanjut tentang iklan sobat.
  3. What are you offering me?____ Maksudnya, apa yang anda tawarkan untuk saya? Yaitu berisi tentang hal-hal yang sobat tawarkan dalam iklan sobat.
  4. A picture is worth a thousand words, but reality is worth a thousand pictures____ Masudnya, meski sebuah gambar dalam iklan begitu penting karena sebuah gambar mengandung makna ribuan kata, namun kenyataan "tentang iklan sobat" itu lebih penting karena kenyataan akan iklan sobat bisa bermakna ribuan gambar.


contoh iklan baris tulisan/text:
Text promosi:
NEW Imperal Leather ENRICHED with Jojoba Oil, now availabe with improved formula and new packaging design.
> New formulation gives extra moustraisers to skin thus mild enough for you and the whole family.
>Enriched with Jojoba Oil which is known to help soften and smoothen the skin
>Made from the finest ingredients with luxury fragarence
LUXURIOUSLY SOFT AND SMOOTH FOR YOU & YOUR FAMILY
*Than ordinary bar shoap =D

+Rinal Purba 
Facebook CommentsShowHide

0 komentar

berkomentralah sewajarnya salam saya untuk @BangRinalPurba (senang kenal dan bertemu denganmu)