resep cara membuat lomie kangkung dan manfaat gizi

Kalao denger Lomie yang keinget pasti Lomie Imam Bonjol. Juaranya di Bandung deh... Padahal dulu jaman rikiplik.. Ada juga tuh Lomie yang enak banget di Cafe di bilangan Cihampelas. Lomienya beneran juara deh.. Sayang banget sekarang udah ora ono..

Bikin ndiri aja. Gampang kok. Yang susah malesnya.. ohok..

resep bikin LOMIE ;

Bahan kuah :

    6 siung bawang merah
    6 siung bawang putih
    jamur hioko
    kaldu ayam dari satu ayam kampung, udahnya ayamnya disuwir ya
    2 butir telor ayam
    bumbu2 macam garam, gula putih sama merica
    udang 1 ons
    tepung kanji

Bahan Mie & kawan2 :

    Mie
    Kangkung
    Toge gendut
    Bawang goreng

Cara masak :

    buat kaldu ayam dari ayam kampung tadi. Ayamnya disuwir
    bawang merah sama bawang putihnya digerus, trus digoreng sampe kuning
    udangnya juga ditumis2 gitu sampe keliatan enak ya
    campurin semua bumbu itu (juga udangnya) ke kuah kaldu
    kocok telur di mangkok, masukin pelan2 ke kuah kaldu sambil diaduk
    masukin campuran tepung kanji sama air sambil diaduk juga

Sebelum makan :

Siapkan Mie, toge, kangkung yang udah direbus sebentar di mangkok, trus siram deh pake kuah yang tadi dibuat. Atasnya taburin bawang goreng :)

Met makan ya. 

karena kangkung merupakan bagiaan dari lomie maka tak ada salahnya kita simak manfaaat gijinya 


Kangkung (ipomoea aquatica forsk atau ipomoea reptans poir1) merupakan tanaman sayuran yang umurnya bisa lebih dari 1 tahun. Pertumbuhannya menjalar atau membelit pada tanaman di sekitarnya. Ia merupakan jenis tanaman sayuran daun dan dapat dimasukkan dalam famili Convolvulacea. Daun kangkung berukuran panjang dan berwarna hijau keputih-putihan.

Ada dua jenis kangkung, yaitu: (1) kangkung rabut, dengan daun licin dan berbentuk mata panah yang berwarna hijau pucat, dan bunganya berwarna putih dengan bentuk kantung yang mengandung empat biji benih; dan (2) kangkung petik, dengan daun lebar dan tirus berwarna hijau kelam serta bunga berwarna putih keunguan.

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun kangkung di antaranya:

    Busung lapar. Caranya, ambil daun kangung hutan 1/2 genggam, cuci bersih, lalu jemur. Makan bersama dengan nasi dua kali sehari.
    Sembelit. Ambil daun kangkung 1/2 genggam, cuci bersih, lalu kukus sebentar. Makan bersama dengan nasi, lakukan dua kali sehari.
    Kepala pusing. Ambil daun kangkung 1/2 genggam, daun kelintang 1/3 genggam, batang kemarongan 1 jari, cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air masak 1 cangkir, lalu peras dan saring. Ambil airnya, minum 1 kali sehari.


Di dalam Kangkung terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Kangkung memiliki manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan sebagai antiracun.
Facebook CommentsShowHide