mempercepat haid dengan alami menstruasi teratur

Terkadang wanita berkeluh sebab sudah waktunya datang bulan kok gak keluar2, jadi resah dan kesal. Datang bulan atau menstruasi akan dialami semua wanita mulai dari usia saat menginjak ABG. Setiap wanita yang memasuki usia pubertas atau ABG akan mengalami haid yang pertama disebut menarche. Seharusnya wanita akan mengalami haid normalnya sebulan sekali. Adapun datangnya haid setiap bulan ini akan terganggu sehingga datangnya pun maju mundur dan lain-lain. Bagaimana cara haid tidak teratur ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya agar cepat

Pengaruh Hormonal

Yang namanya wanita sangat dipengaruhi denga hormon progesteron dan esterogen. Mungkin dialah yang menjadi kambing hitam untuk sifat moody, marah  dan malesnya wanita saat PMS (Premenstrual Syndrome) hehehe. Fluktuasi hormonal dalam siklus menstruasi tidak merupakan sebuah siklus yang statis namun dinamis.

Alasan mengapapa menstruasi lebih cepat karena padaa saat tanggal yang biasa kita jadikan sebagai patokan “hari dapet” kadar hormon progesteron justru turun lebih cepat dari hari biasanya.

Sama halnya dengan mengapa menstruasinya terlalu lama? karena kadar hormon progesteron masih dalam titik yang tinggi sehingga perlu beberapa hari lagi untuk mencapai kadar progesteron turun.

Lantas apakah ada efek sampingnya?

tentu ada, harus membeli pembalut wanita yang lebih banyak dari biasanya karena sebulan bisa dua kali hehehe. kanker (kantong kering), secara pembalut yang nyaman harganya mahal. Efek smaping yang lain ga berai pake celan apnjang atau rok putih karena takut “nembus” hehehe.

Tenang aja, periode ini akan kembali seperti normal setelah bulan-bulan berikutnya. Syaratnya gampang kok, tengkan hati dan pikiran. Jangan menyalahkan proesteron terus hehehe. stay beauty dan healthy :)

Penyebab tidak mendapat haid

Tidak datangnya haid pada seorang gadis yang seharusnya sudah mendapat haid dapat disebabkan 1) tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik lubang kemaluan atau vagina sebagian atau seluruhnya; 2) tidak berkembang atau bertumbuhnya rahim; 3) tidak bertumbuhnya dengan normal indung telur; 4) kemungkinan terdapatnya kelainan-kelainan pada daerah yang lebih tinggi seperti di daerah otak yang ikut mengatur datangnya haid pada seorang gadis.

Bila organ-organ alat genitalia perempuan tumbuh dengan normal, faktor yang berperan adalah faktor genetik atau keturunan termasuk juga faktor suku atau ras, tetapi yang paling dominan kelihatannya faktor gizi. Pada perempuan yang gizinya tidak baik sering ditemukan terlambat datang haid pertama tersebut. Pada perempuan yang pertumbuhan badannya cepat, sering disebut adolescence growth spurt, sering menimbulkan cepat datangnya haid pertama.

Beberapa penyakit kronis menjadi penyebab terlambat datangnya haid, seperti infeksi, asthenia, kencing manis, asma, sicklecellanemia. Kelainan-kelainan ini bila menimbulkan berat badan yang sangat rendah sekali maka datangnya haid akan tertunda atau tidak datang sama sekali. Faktor lain yang juga mempengaruhi datangnya haid pertama adalah faktor psikologis. Adanya rangsangan audio visual dari hal-hal bersifat porno dan paparan terhadap masalah perkelaminan dengan intensitas bervariasi sewaktu pacaran akan mempercepat kematangan biologis.

momen-momen penting dalam hidup mereka. Dengan sedikit persiapan dan keberuntungan, Bunda bisa saja membuat haid datang lebih cepat.

Caranya:
   1. Rencanakana lebih awal. Kemungkinan keberhasilan Bunda dapat ditingkatkan dengan perencanaan awal. Begitu Bunda menyadari bahwa akan ada acara atau situasi khusus, jadikan itu momen untukmencoba agar tujuan Bunda menjadi kenyataan. Hitung tanggal mulai yang diharapkan dan  aktual periode haid sebelumnya dan yang akan datang untuk menentukan langkah berikutnya. Bunda mungkin menemukan bahwa periode haid Bunda berfluktuasi karena hormon individu dan tingkat stres. Perhitungkan hal ini ketika mencoba untuk membuat haid datang lebih cepat.
 2. Bertanya kepada teman. Seringkali teman dekat dan bahkan rekan kerja yang memiliki periodemulai dan akhir haid mereka pada waktu yang hampir bersamaan. Walaupun fenomena ini tidak sepenuhnya dapat dipahami, banyak wanita telah mengatakan mereka telah sukses dengan taktik sederhana ini.
 3. Gunakan pil KB. Karena kontrasepsi juga bekerja untuk mengatur siklus haid Bunda, mengkonsumsi pil KB untuk waktu tertentu dapat membantu memprediksi kapan periode haid berikutnya akan dimulai. Konsultasikan dengan dokter Bunda untuk alternatif terbaik bagi kesehatan dan gaya hidup Bunda. Meskipun pilihan ini tidak terlalu akurat, tapi dapat membantu Bunda untuk mendapatkan haid lebih cepat dari normal jika periode tanggal mulai Bunda dihitung dengan benar.
 4. Keluar dari situasi yang membuat Bunda stres. Stres sering merupakan penyebab dari periode yang telat daripada yang diharapkan karena pengaruhnya terhadap hormon dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Segala sesuatu itu masih memungkinkan, sama halnya dengan kemungkinan untuk mencegah tubuh Bunda untuk bersikap seperti yang Bunda inginkan. Semakin telat periode haid Bunda mungkin itu merupakan efek langsung dari stres.
 5. Pertahankan gaya hidup aktif. Kebiasaan olah raga secara keseluruhan memberikan kontribusi untuk kesehatan dan fungsi tubuh. Metabolisme dan hormon Bunda dipengaruhi oleh olahraga yang teratur. Kegiatan sederhana seperti jogging atau yoga dapat membantu tubuh Bunda untuk rileks.
 6. Perlancar aliran darah. Jika Bunda ingin mempercepat menstruasi, Bunda dapat memperlancar aliran darah Bunda. Beberapa caranya adalah dengan mengkonsumsi jamu-jamu tradisional seperti kunyit-asam, kunci-sirih, teh mahkota dewa, menggunakan pembalut wanita herbal yang kini banyak beredar dan lain-lain. Mengkonsumsi jamu-jamuan itu hanyalah sebuah upaya untuk membantu Bunda untuk memperlancar aliran darah.
 Teh mahkota dewa atau pembalut wanita herbal biasanya berkhasiat untuk melancarkan darah menstruasi sehingga Bunda yang mempunyai lama menstruasi 8 hari, setelah minum teh mahkota dewa dan juga memakai pembalut wanita herbal bisa berkurang masa menstruasinya menjadi 4-5 hari saja.

Catatan : Cara mempercepat menstruasi maupun memperlambatnya hanya bisa Bunda lakukan dengan berkonsultasi kepada dokter atau bidan yang mempunyai keahlian dalam hal tersebut.


Pengertian Siklus Haid normal adalah :
Haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.
Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun tidak normal dan disebut metrorrhagia.


# Ramuan herbal kunyit asam baik yang berupa perasan maupun minuman dapat dipakai untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar memperlancar aliran darah , melarutkan gumpalan darah serta menghilangkan nyeri perut saat haid.

adapun cara penggunaan praktis dan teknik meminumnya adalah sebagai berikut :
1. siapkan masing -masing 80 gram buah asam jawa, 150 gram kunyit segar yang telah dirajang, 130 gram gula jawa, 80 gram gula pasir, dan garam secukupnya.
2. buang dan pisahkan biji asam dari ramuan diatas, lalu aduklah asam tersebut dengan sedikit air matang.
3. parutlah kunyit segar yang telah dirajang tersebut. lalu peras airnya dan endapkan.
4. campurkan air asam dan air kunyit beserta bahan bahan lain kedalam kuali berisi 1000 ml air.
5. rebuslah hingga mendidih dan gak kental, lalu saring.
6. siap diminum dengan takaran 1 gelas (100 ml ) dua kali sehari ( saat pagi dan sore hari ) untuk keperluan datang bulan anda.

nah itulah cara melancarkan datang bulan atau  haid atau menstruasi secara alami semoga bisa menambah wawasan anda.

Perhatian :
konsultasikan terlebih dahulu penggunaannya pada ahli medis bagi penderita sakit lambung atau gangguan perut sejenis.

menerima iklan online dan ppc iklan

Facebook CommentsShowHide