Senin, 05 Agustus 2013

kandungan gizi telur

Dalam kebanyakan burung dan reptilia, telur adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur dan berfungsi memelihara dan menjaga embrio. Telur-telur reptilia dan burung diselimuti kerak pelindung, yang memiliki lubang yang sangat kecil agar hewan yang belum lahir tersebut dapat bernapas.

Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Telur
Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap, meliputi karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Kandungan omega 3 pada telur ayam dapat ditingkatkan melalui pemberian pakan bersuplemen kaya omega-3 yang peningkatannya dapat mencapai enam hingga sepuluh kali lipat dibanding tanpa suplementasi Adanya peningkatan komponen lemak yang dalam telur tidak mempengarhui kualitas telur yang dihasilka

Cara memilih telur yang baik
  •     Kondisi cangkang telur tidak retak
  •     Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
  •     Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
  •     Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
  •     Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
  •     Tenggelam di dalam air jika dimasukkan ke dalam air tidak terapung
  •     Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
  •     Baunya normal tidak berbau busuk
  •     Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidan ceper sekali
  •     Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 

Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam telur sangat banyak, salah satunya Vitamin B yang bisa mengubah telur menjadi energi penting di dalam tubuh, Vitamin E juga bekerja sama dengan Vitamin C bisa mencegah kerusakan pada tubuh anda dari radikal bebas, dan trakhir vitamin A yang menjaga kesehatan pengelihatan dan membantu pertumbuhan sel dan mejaga kulit tetap sehat.

Protein
Kaya akan protein, energi yang anda gunakan selama seharian, anda bisa menggantinya dengan menggunakan telur, sehingga protein tersebut mengisi organ-organ yang anda lakukan selama sehari.

Gizi
Sebuah butir telur ternyata mengandung 6 gram protein, vitamin A, B, D, K, kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan trakhir seng.

Merawat Kulit
Dengan mengkosumsi telur setiap hari dengan teratur, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pengencang kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan kekeringan pada kulit.

konsumsi telur mentah setengah masak atau matang kali ???
Meskipun telah dibuktikan bahwa ovomukoid tidak berpengaruh pada tripsin manusia, namun nampaknya proses pencernaan bayi dan anak kecil lebih peka dibandingkan dengan orang dewasa. Jadi sebaiknya telur mentah tidak diberikan pada bayi dan anak-anak, bahkan bagi anak yang berumur kurang dari satu tahun sebaiknya diberikan telur rebus, bukan telur setengah matang.

Kadar kolesterol yang terdapat dalam kuning telur sekitar 250 mg per butir (dalam daging sapi terdapat sekitar 75 mg per 3 ons, dalam hati sekitar 370 mg/3 ons dan dalam otak sekitar 1700 mg/3 ons). Para ahli gizi menganjurkan agar orang dewasa hanya mengkonsumsi telur paling banyak 4 butir per minggu.

Proses penggorengan akan menurunkan nilai gizi protein telur, meskipun relatif tidak banyak. Telur mata sapi nilai gizi proteinnya lebih rendah dari telur rebus, dan telur dadar lebih rendah lagi (apalagi yang berwarna kecoklatan). Dalam hubungan ini kita harus memilih apakah kita mengutamakan faktor rasa (telur yang digoreng kering lebih enak rasanya) atau faktor nilai gizi proteinnya.

Untuk menhindari terjadinya keracunan Salmonella, bila telur yang akan dikonsumsi dalam keadaan kotor lebih baik tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, walaupun telur itu ditujukan untuk orang dewasa.

Tetapi bula Salmonella tidak merupakan masalah (misalnya keadaan telur bersih), maka nilai gizi telur mentah, setengah matang maupun rebus, bagi orang dewasa tidak berbeda.

Masalah lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi telur bagi orang dewasa (terutama yang berumur 40 tahun atau lebih, atau yang mempunyai kecenderungan mengidap penyakit jantung koroner)adalah kandungan kolesterol yang terdapat dalam kuning telur.

Sumber : Harian PELITA, Minggu 9 Desember

pengupdate +Rinal Purba

lihat juga video ini :

...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...