Jumat, 09 Agustus 2013

bau mulut pada anak balita

Gastritis
Naiknya asam lambung ke tenggorokan atau gastritis menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut pada anak-anak. Hal itu dikarenakan adanya asam lambung yang bercampur dengan darah di lambung. Apabila jumlahnya meningkat di dalam tubuh maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap dari rongga mulut. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan makan teratur dan menghindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung seperti makanan atau minuman yang asam dan pedas. Untuk mengatasinya, dengan memeriksakan kondisi anak ke dokter spesialis gastrologi. (ind)

dr. Tanti
Dear Bunda,

Bau mulut pada anak dapat disebabkan oleh hygiene atau kebersihan yang buruk pada rongga mulut. Usahakan anak anda menyikat gigi dan lidahnya untuk membersihkan sisa makanan yang tersisa, biasanya bau mulut disebabkan dari sisa makanan yang membusuk dan tertinggal pada gigi, lidah ataupun terselip pada tonsil. Maka itu apabila bunda bisa mengajarkan anak bunda berkumur itu akan lebih baik.

Ajari anak anda untuk tidak bernafas dengan mulut ataupun menghisap jari karena dapat mengakibatkan mulut yang kering dan rentan terhadap bakteri. Pastikan tidak ada benda asing yang tertinggal di rongga mulut ataupun hidung. Apabila hal tersebut sudah bunda lakukan dan masih saja mengalami bau mulut, maka periksakan anak anda kepada dokter, karena saya juga mencurigai adanya keadaan ozaena yaitu terjadi atrophy (mengecilnya) membrane hidung dan salah satu tandanya adalah bau mulut atau bau nafas yang umum terjadi pada anak. Demikian jawaban saya

Dr. William Sears
Amandel membesar. Makanan dan lendir dari saluran napas dan pencernaan akan tersimpan di dekat amandel, serta lama kelamaan akan membusuk. . Pastikan anak mendapatkan pemeriksaan dari dokter untuk mengetahui apa bau mulut anak disebabkan oleh amandelnya yang membesar. Masalah gigi, yaitu berasal dari sisa makanan yang tersimpan di sela-sela gigi anak. Jadi, pastikan anak menyikat giginya dengan baik, menggosok lidahnya, serta berkumur. Bantu ia saat berkumur dan pastikan mulutnya sudah bersih.

Mulut kering. Saat ini terjadi, kemampuan alami ludah untuk membersihkan mulut akan menurun. Akibatnya, bakteri tumbuh di dalam mulut dan menimbulkan bau. Atasi hal ini dengan meminta anak banyak minum air.

Infeksi Sinus

Infeksi sinus atau sinusitis ternyata bisa menyebabkan bau mulut pada anak. Hal itu dikarenakan adanya infeksi ataupun alergi yang menyebabkan lendir atau ingus mengalami peningkatan, sehingga jumlah bakteri yang tumbuh di dalam sinus maupun rongga hidung meningkat dan menyebabkan mulut menjadi bau.
Untuk penanganannya harus dikonsultasikan kepada dokter spesialis telinga hidung dan tenggorakan (THT). Sedangkan untuk pencegahannya yaitu dengan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga hidung, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie.

Naiknya asam lambung ke tenggorokan. Gejalanya seperti mual, yang juga diikuti kolik, sering meludah, tidak tenang saat tidur, suara serak, dan perut tidak nyaman setelah makan. Coba atasi dengan membuat anak duduk tegak dan tidak banyak bergerak (setidaknya selama setengah jam setelah makan).

Mulut Kering

Bau mulut pada anak juga bisa disebabkan karena mulut kering. Mulut kering terjadi karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, kelainan kelenjar air liur ataupun kebiasaan bernapas melalui mulut (mouth breathing). Berkurangnya produksi air liur di dalam mulut menyebabkan bakteri lebih cepat berkembang biak sehingga mulut menjadi bau.
Pencegahan mulut kering dapat dilakukan dengan banyak mengonsumsi air putih. Sedangkan untuk penanganannya haruslah dilakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi spesialis kesehatan gigi anak dan spesialis penyakit mulut.

sumber : http://health.okezone.com/read/2013/06/29/483/829513/redirect

Peradangan Tonsil (Amandel)

Penyebab bau mulut juga bisa disebabkan karena adanya infeksi yang sudah menahun akibat sisa makanan yang menempel dan menumpuk pada bagian poket tonsil sehingga menyebabkan mulut menjadi bau. Sama halnya dengan infeksi sinus, penangan peradangan tonsil ini pun harus dikonsultasikan dan diperiksakan terlebih dulu kepada dokter spesialis anak atau dokter spesialis THT. Pun demikian dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan.

video si bayi :
dipublikasikan oleh +Rinal Purba
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...