-->

manfaat buah naga untuk ibu hamil

khasiat buah naga merah untuk ibu mengandung,

Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil.
Membantu Pembentukan Darah Merah pada ibu 
Dalam setiap 100 gram buah naga segar terdapat sejumlah 0,55 Fe atau Zat Besi. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk memenuhi kebutuhan terhadap zat besi. Seperti diketahui, wanita yang sedang mengandung sangat rentan pada anemia.

 Dengan rutin mengkonsumsi buah naga, penyakit tersebut bisa ditanggulangi. Buah naga juga mengandung senyawa karbohidrat Folates yang berdasarkan penelitian, ternyata sangat dibutuhkan ibu hamil. Folates ini berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Jika wanita hamil kekurangan karbohidrat folates, kemungkinan besar bayi yang dikandungnya akan mengalami cacat tabung saraf atau Neural Tube Deffect dan juga cacat sistem saraf otak.

Kandungan buah naga tak hanya Zat Besi dan karbohidrat folates. Masih ada banyak senyawa lain yang bisa didapatkan dari buah berwarnah cerah ini, antara lain Vitamin C, fitokimia, protein, potasium, serat, karnohidrat dan masih banyak lagi lainnya.

 Dengan demikian, manfaat buah naga untuk ibu hamil tentu sebagai penyumbang nutrisi kompleks yang baik bagi ibu dan janin. Istimewanya lagi, buah naga juga ternyata mengandung Vitamin B1 yang sangat baik bagi pertumbuhan janin, merangsang penyerapan protein, dan membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi.

beberapa khasiat lain buah naga,antara lain:

1. dengan kandungan air sampai 80%,vit c dosis tinggi, serat, kalsium, zat besi, fosfor baik menurunkan kolesterol, menurunkan kadar lemak, serta merawat yang diabetes mellitus

2. Untuk penyeimbang kadar gula darah, kandungan fitokimia bisa menangkal/pencegah kanker, pelindung kesehatan mulut

3. pencegah pendarahan, dan obat keluhan keputihan.

4. mencegah kanker usus, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, menguatkan daya kerja otak,kandungan karotein bisa merawat mata/meningkatkan ketajaman mata, serta sebagai bahan kosmetik.

5. Mengobati sembelit, Mengobati Hypertensi, Memperhalus kulit wajah

6. Meningkatkan daya tahan

7. buah naga merah mengandungi protein yang mampu mengurangi metabolisma badan dan menjaga kesihatan jantung

buah naga mengandung:serat,karotin (untuk kesehatan mata, menguatkan otak dan menghalang penyakit),kalsium (menguatkan tulang) dan fosferos.

Buah naga juga mengandung zat besi untuk menambah darah,vitamin B1,vitamin B2 (untuk menambah selera),vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menjaga kehalusan kulit serta mencegah jerawat).


Tanya: Saya hamil 3 bulan suka makan selada buah dan sayur untuk mengusir mual. Saya ingin tahu, apa manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin?

Jawab: Dalam 100 gram buah naga segar, rata-rata terkandung 60 kalori, lemak 1,5 gram, protein 2 gram, serat 1 gram, natrium (Na) 60 miligram, kalsium (Ca) 6,3 miligram, fosfor (P) 30,2 miligram, zat besi (Fe) 0,55 miligram, vitamin B3 0,297 miligram, vitamin C 8 miligram, dan karoten 0,005 miligram.

Kandungan seratnya yang tinggi mencegah sembelit, dan zat besi (Fe) mencegah anemia bagi ibu hamil. Bagi janin, vitamin B3 (asam folat) membantu pembentukan dan perkembangan sistem saraf tulang belakang, sementara kalsium (Ca) bermanfaat menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selamat menambahkan buah naga dalam menu selada kesukaan Anda.



olah buah naga anda supaya anda menyukainya :::  Jelly Buah Naga Merah
Bahan:

  • 1 buah naga merah ukuran sedang
  • 1 bungkus (15 gram) bubuk jelly tanpa rasa
  • 750 ml air
  • 100 gram gula pasir (dapat disesuaikan dengan rasa manis buah naga)
  • Potongan kiwi untuk hiasan.

Cara Membuat:

  1.     Blender daging buah naga merah hingga halus. Sisihkan.
  2.     Rebus gula dan bubuk jelly hingga tercampur rata dan mendidih, matikan api.
  3.     Campur adonan dengan jus buah naga merah, aduk hingga tercampur rata.
  4.     Tuang adonan dalam cetakan kesukaan Anda.
  5.     Setelah dingin, masukkan ke dalam kulkas.
  6.     Keluarkan Jelly Buah Naga Merah dari cetakan, lalu hias dengan potongan kiwi.

Facebook CommentsShowHide