Minggu, 26 Mei 2013

dua arti kelangkaan dalam ilmu ekonomi

Menurut ilmu ekonomi, kelangkaan mempunyai dua makna, yaitu:
a)    Terbatas, dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia.
b)   Terbatas, dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya.

B.  KEBUTUHAN, KELANGKAAN DAN MASALAH EKONOMI
1. Kebutuhan Manusia
Apabila kita amati dalam kegiatan sehari-hari akan nampak aktivitas manusia yang begitu kompleks, seperti pergi kekantor, bertani, berjualan, belajar dan lain sebagainya, semua kegiatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan.

Coba amati beberapa gambar kegiatan dibawah ini!
Gambar kegiatan ekonomi
Dari gambar tersebut ada beberapa pertanyaan:
a.    untuk apa mereka bekerja atau beraktifitas?
b.    Apa yang mereka cari ?
c.    Bisakah kebutuhan mereka terpenuhi ?

Dengan beberapa pertanyaan diatas maka muncullah pokok permasalahan yaitu bagaimana dengan sumber-sumber yang terbatas manusia mampu memenuhi kebutuhannya yang banyak dan beraneka ragam. Nah untuk mengatasi pokok permasalahan itu, manusia melakukan kegiatan ekonomi dan sistem ekonomi yang berbeda-beda. Sebelum membahas kegiatan dan sistem ekonomi, kita akan kaji mengenai kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan?
KEBUTUHAN : perasaan kekurangan yang menimbulkan keinginan untuk dipenuhi.

2. Macam-macam Kebutuhan
Kebutuhan manusia itu banyak dan beraneka ragam bahkan selalu terus menerus bertambah dan tidak ada habisnya. Satu kebutuhan dipenuhi kebutuhan lain muncul dan begitu seterusnya. Namun demikian kita dapat golongkan kebutuhan itu menjadi beberapa klasifikasi yaitu:
a)    Menurut intensitasnya/ tingkatan
Kebutuhan Primer yaitu kebutuhan yang muntlak dipenuhi untuk kita tetap hidup, seperti kebutuhan akanmakan, pakaian, tempat tinggal dan sebagainya.
Kebutuhan Sekunder yaitu kebutuhan penunjang atau kebutuhan yang bersifat cultural artinya bahwa kebutuhan itu muncul seiring dengan meningkatnya peradaban manusia, seperti kebutuhan akan makan yang lbih enak, pakaian yang lbih bagus, perabot/ accecoris yang lebih bagus dll.
Kebutuhan Tertier yaitu kebutuhan yang ditujukan untuk kesenangan/ kebanggaan
seseorang,seperti rumah mewah,mobil mewah, perhiasan mewah, barang koleksian dll
Namun dewasa ini banyak kebutuhan yang bergeser tingkatanya dari mewah menjadi sekunder seperti telpon,komputer demikian juga dengan kesehatan dan pendidikan yang sekarang ini merupakan kebutuhan primer mengingat semakin tinggi dan pentingnya tuntutan dalam kebutuhan hidup manusia.
Sifatnya yang dilihat dari dampak atau pengaruh terhadap jasmani dan rohani manusia : Jasmani contohnya makan, minum, pakaian dll, Rohani contohnya musik, rekreasi, ibadah dll.
Waktu dapat dibedakan menjadi : Sekarang merupakan kebutuhan yang tidak bisa di tunda artinya kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu/sekarang, contoh makan waktu lapar, obat-obatan waktu sakit dll.
Yang akan datang merupakan kebutuhan yang bisa ditunda dan direncanakan, contoh tabungan, asuransi dll.
Wujud kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang dilihat menurut kasat mata. Konkrit yaitu kebutuhan yang bisa dilihat atau diraba seperti material, pakaian, berabotan dll.
Abstrak yaitu kebutuhan yang tidak bisa dilihat tetapi bisa dirasakan, hal ini berkaitan dengan hati/ perasaan/rohani, seperti hiburan, keagamaan dll.
Subyek kebutuhan yang dilihat dari tujuan/ kepentingan yang meliputi: Individu/ perorangan, Kelompok/kolektif/Sosial.

3. Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan
Sekarang coba kalian amati, mengapa kebutuhan masing orang berbeda-beda?
Banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan antara lain: Keadaan Alam perbedaan ini mempengaruhi kebutuhan individunya seperti masyarakat yang tinggal didaerah kutub atau daerah yang cenderung dingin sangat membutuhkan sekali mantel/jaket/kayu bakar dll dan ini berbeda dengan mereka yang tinggal didaerah panas.
Tingkat Peradaban semakin tinggi peradaban manusia semakin tinggi pula pola hidupnya, coba kita amati kehidupan masyarakat primitif dan masyarakat modern.
Adat Istiadat dan tradisi masyarakat berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakatnya, missal tradisi upacara perkawinan, tradisi mudik lebaran dll yang semua ini menyebabkan beraneka ragamnya kebutuhan.
Pendapatan merupakan faktor yang mendasar untuk mempengaruhi kehidupan seseorang dimana semakin tinggi pendapatan akan semakin banyak pula kebutuhan. Kebijakan pemerintah dll.

4. Alat Pemuas Kebutuhan
Setelah kita amati bagimana banyak dan beraneka ragamnya kebutuhan, bagaimana dengan kamu? Coba hitung apa saja yang kamu perlukan? (catat dalam daftar) Setelah tahu apa yang kita perlukan maka muncul yang disebut pakaian, buku, motor, TV dll ( alat pemuas ) yang dalam ilmu ekonomi disebut barang dan pendidikan, rekreasi, dokter,listrik dll yang juga sebagai alat pemuas yang lazim disebut Jasa. Dalam pengklasifikasiannya barang dapat digolongkan menjadi:
1.     Cara Perolehannya dilihat dari pengorbanan yang di gunakan dalam memperoleh barang tersebut,

    Barang bebas ( air dilaut,udara dll) Barang ekonomi ( baju, buku, air dalam kemasan dll)

2.    Kegunaan
Barang konsumsi merupakan barang yang dapat langsung digunakan ( baju, buah-buahan dll)
3.    Barang produksi/ modal merupakan barang yang dapat diguanakan mengahasilkan/ memproduksi lagi barang lain ( mesin-mesin produksi, mesin jahit, computer dll) Sekarang coba kita amati mengenai kegunaan (utility), mengapa barang itu berguna?
4.    Barang itu berguna karena mampu memenuhi atau dapat bermanfaat bagi kebutuhan manusia, banyak kita lihat barang-barang bekas yang tadinya dibuang sekarang berubah dan memiliki nilai guna/ berguna, hal ini karena ada pengelolahan.
5.    Marilah kita amati macam-macam kegunaan benda itu.
Guna Dasar ( Elementary Utility ), adalah kegunaan benda karena benda itu merupakan bahan untuk membuat benda lain contoh : Kapas menjadi kain Minyak bumi menjadi premium
6.    Guna Bentuk ( Form Utility ), kegunaan benda terjadi karena ada perubahan bentuk dari benda tersebut. contoh : Kayu menjadi kursi
Kain menjadi baju
7.    Guna Tempat ( Place Utility ), kegunaan benda terjadi karena benda tersebut dipindahkan ketempat yang lebih membutuhkan. contoh : Ikan di Laut dipindahkan ke pasar ikan pasir di sungai dipindahkan ke toko material
8.    Guna Waktu ( Time Utility ), kegunaan benda ini terjadi karena adanya waktu. contoh :P ayung waktu hujan. Tabungan saat ada kebutuhan mendesak
9.    Guna Milik ( Possesion/Ownership Utility ), kegunaan benda ini karena ada yang memiliki benda tersebut. contoh : kacamata minus bagi orang yang matanya minus kursi roda bagi orang yang lumpuh
10.  Guna Pelayanan ( service utility ), kegunaan ini berkaitan dengan produk jasa pelayanan yang diberikan. contoh : jasa dokter bagi orang sakit jasa guru bagi pendidikan
11.  Hubungan dengan benda lain. Barang Subtitusi atau barang pengganti yaitu mampu menggantikan fungsi barang lain,seperti jagung dapat menggantikan fungsi beras sebagai bahan makan, margarine dan mentega, jasa bus dan kereta api dll. Barang Komplementer atau pelengkap yaitu barang yang melengkapi barang lain sehingga berfungsi, seperti mobil dengan bensin, kompor dengan sumbu/gas dll.
12. Proses. Barang mentah/ bahan baku yaitu barang yang didapat langsung dari alam seperti hasil tambang,hutan dll. Barang setengah jadi barang yang sudah mengalami proses seperti kulit untuk sepatu, kopra untuk minyak goreng dll. Barang jadi/ siap pakai merupakan barang yang dapat langsung digunakan ( meja,kursi,sepatu dll)
13. Kelangkaan Alat Pemuas. Penciptaan dan pengelolahan benda hingga lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia memerlukan usaha atau produksi, dengan mencurahkan bahan dasar, tenaga, pikiran, waktu, peralatan, uang dan keahlian yang kesemuanya itu disebut sumber daya produksi ( Faktor Produksi).
14. Sumber Daya Alam/ ALAM : benda dan kekuatan yang disediakan oleh alam baik secara langsung maupun tidak langsung dapat digunakan untuk memnuhi kebutuhan hidup manusia, missal : tanah, air, sinar matahari, hasil bumi dll. Sumber Daya Manusia/ Tenaga Kerja : meliputi jasmani dan rohani yang diperlukan untuk mengambil dan mengolah sumber alam hingga menjadi benda yang lebih berguna.

15. Sumber Daya Modal : merupakan barang atau sarana yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain seperti uang, peralatan dl Modal Lancar dan Tetap ) Wirausaha/Skill : merupakan sumber daya manusia yang mampu menyatukan ketiga sumber (Alam, SDM dan Modal) dan bertanggung jawab atas kelancaran produksi. Jika kita renungkan sumber daya diatas sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan kebutuhan manusia yang tidak ada habisnya, terbukti dengan sulitnya manusia memperoleh sumber daya tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Seseorang akan memperoleh sumber daya jika ada suatu pengorbanan, bahkan terjadi dengan pengorbananpun sulit untuk memeperolehnya. Hal ini bisa disebabkan karena habis / terbatas, atau pengorbanan yang belum sesuai dengan yang disyaratkan, keadaan ini yang disebut dengan Kelangkaan


Kelangkaan Sumber Ekonomi
    Inti masalah ekonomi adalah keinginan yang tidak terbatas namun dengan alat pemenuh kebutuhan yang terbatas. Alat pemuas kebutuhan berupa barang atau jasa dengan sumber  daya yang sudah tersedia. Sumber daya yang tersedia bersifat  terbatas dan langka. Jadi, kebutuhan manusia yang tidak terbatas dihadapkan dengan sumber-sumber yang bersifat terbatas akan menimbulkan kelangkaasn sumber daya tersebut.
Contoh kelangkaan ekonomi:
 1). Kelangkaan sumber makanan pokok  masyarakat seperti padi, gandum, dan sumber makanan pokok lainnya.

2). Kelangkaan BBM (bahan bakar minyak) seperti bensin, solar, dan lain-lain.
 Kelangkaan sumber ekonomi manusia dibagi menjadi 3 (tiga):
1). Kebutuhan manusia yang tidak terbatas
     Kebutuhan manusia memiliki 2 (dua) sifat yaitu sifat keberanekaan ragam dan tidak dapat di puaskan dengan barang atau jasa. Hal tersebut yang membuat kebutuhan manusia tidak terbatas.
Contoh kebutuhan manusia yang tidak terbatas: 1). sesorang ingin memiliki sepeda untuk mendukung ia melakukan aktifitasnya sehari-hari namun sesudah memiliki sepeda Ia akan menginginkan sepeda motor untuk mendukung aktifitasnya sehari-hari. Dan kemudian setelah memiliki sepeda motor Ia akan menginginkan yang lebih seperti motor yang lebih bagus ataupun Mobil.
 Kebutuhan manusia yang tidak terbatas dipengaruhi oleh 7 (tujuh) faktor sebagai berikut:
a). Sifat alami manusia
    Manusia memiliki sifat selalu merasa kurang terhadap apa yang ia miliki, semakin banyak keinginan yang ia miliki maka semakin banyak kebutuhan yang ingin di penuhi. Contoh: seseorang telah memiliki radio namun Ia akan menginginkan peralatan yang lebih modern seperti hp atau telpon gengam
b). Tigkat pendatan
    Semakin tinggi pendapatan seseorang maka akan semakin banyak kebutuhan yang ingin di penuhi. Contoh: seseorang guru merasa cukup memiliki sepeda motor, sedangkan seorang DPR tidak cukup memiliki sepeda motor saja namun ia harus memiliki mobil yang setara dengan kedudukannya dan gajinya.

c). Faktor lingkungan
    Lingkungan tempat manusia tinggal mendorong manusia untuk bertindak menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dimana Ia tinggal. Contoh: manusia yang tinggal didesa biasanya barang penyesuaian dirinya adalah rumah yang sederhana. Namun seseorang yang tinggal di kota untuk menyesuaikan dirinya di masyarat membutuhkan rumah yang bagus dan bahkan mewah.

d). Lingkungan sosial
    Dalam hidup bermasyarkat budaya dan keadaan sosial sangat berpengaruh kepada perilaku masyarakat. Hal ini dapat menimbukan kebiasaan untuk meniru tingkah laku orang lain. Contoh: seseorang yang meniru seorang artis yang ia kagumi atau yang ia idolakan.

e). kemajuan teknologi informasi
    Dengan adanya kemajuan teknologi ,maka informasi tentang barang-barang dengan teknologidan model terbaru dapat dengan mudah di ketahui oleh banyak orang, melalui radio, televise, internet dan media cetak, sehingga orang-orang memiliki rasa ingintau dan memilikinya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...