Senin, 11 Februari 2013

cara melahirkan anak secara normal I ibu bapa I

Inilah proses kelahiran seorang bayi dengan cara normal, melalui beberapa tahap yang harus dilalui seorang ibu : 

 

Proses pertama (pembukaan)

  1. Tahap ini merupakan yang paling lama, dimulai dari kontraksi sampai saluran rahim terbuka penuh oleh kepala bayi. Pada persalinan pertama, prosesnya bisa lebih dari 18 jam, sementara pada persalinan kedua dan seterusnya antara 2-3 jam.
  2. Kontraksi yang lemah namun teratur dimulai dari bagian atas rahim ke bawah sampai vagina, biasanya diawali dengan nyeri di punggung terus menjalar menjadi seperti kram di perut bawah.
  3. Sedikit demi sedikit kontraksi akan semakin seringdan kencang untuk mengeluarkan mendesak kepala bayi ke mulut rahim. Setiap kontraksi berlangsung 30 sampai 60 detik. Jarak antar kontraksi adalah 10-20 menit. Rasa sakit menghilang setiap kali rahim mengendor.
  4. Mulut rahim menjadi lunak, tipis dan melebar sehingga memudahkan bayi keluar dari rahim.
  5. Sedikit cairan dan darah biasanya ikut menyertai proses persalinan, sebelum akhirnya pecah air ketuban.
 Proses kedua (mengejan)
  1. Tahap dari pembukaan penuh sampai bayi lahir. Dalam tahap ini bayi lahir melalui mulut rahim ke vagina, lalu dikeluarkan. Tahap ini biasanya berlangsung kurang dari satu jam untuk persalinan pertama. Pada persalinan kedua, hanya sekitar 20 menit.
  2. Ibu akan merasakan keinginan untuk mengejan (menekan otot perut) dan merasakan sensasi seperti orang yang ingin buang air besar. Semakin lama, dorongan mengejan itu akan semakin kuat dan sering. Bayi lalu akan keluar melalui mulut rahim.
  3. Pada posisi normal di mana kepala keluar terlebih dahulu, kepala bayi berfungsi sebagai pembuka jalan. Dengan demikian, bayi dapat bernafas bahkan sebelum seluruh badan keluar dari rahim.

Proses ketiga (plasenta)

  • Pada tahap ini plasenta (jawa: ari-ari) akan terlepas dari dinding rahim. Prosesnya biasanya terjadi 15-20 menit setelah kelahiran bayi.
  • Kontraksi rahim yang keras terus berlanjut setelah kelahiran bayi dan akan menekan pembuluh darah, mengurangi perdarahan dan menyebabkan plasenta lepas dari dinding rahim.

tonton juga video nya di bawah ini :


melahirkan anak

melahirkan anak secara normal

 Proses Melahirkan Normal dan Pembukaan Mulut Rahim ala nek rihma

Proses melahirkan normal selalu dibarengi dengan proses Pembukaan mulut rahim yang dihitung dengan satuan sentimeter (cm). Maka saat dokter berkata pembukaan 8 itu berarti mulut rahim anda terbuka sebesar 8cm. Dan itu berarti jalan lahir anak anda adalah sepanjang 8 cm. Dan pembukaan dikatakan lengkap ketika sudah mencapai 10 cm. Bila sudah mencapai pembukaan 10cm berarti mulut rahim sudah menyatu pada rahim bagian bawah.
 Pada tahap ini bayi sudah memiliki jalan yang cukup untuk keluar dari mulut rahim ke liang vagina. Maka dikatakan pembukaan lengkap atau juga pembukaan sempurna. Lama waktu pembukaan awal sampai dengan pembukaan sempurna amat bervariasi. Biasanya untuk kelahiran yang pertama kali lebih lama dibanding mereka dengan kelahiran yang kedua kali dan bukan yang pertama kali. Setelah tahap ini maka siap menuju tahap kedua, yaitu kelahiran bayi. Itulah yang dimaksud pembukaan padaproses melahirkan normal.
tengok juga melahirkan bayi di dalam air 
 Melahirkan Normal Tidak Selalu Menjadi Keinginan Wanita
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan psikologis ibu hamil salah satunya yaitu ketakutan yang berlebihan untuk melahirkan normal. Namun perasaan takut itu sebenarnya bisa diatasi. Karena semua perasaan takut itu berasal dari otak bawah sadar anda. Maka andalah yang paling bisa mengatasinya walaupun motivasi dari orang terdekat juga berperan penting. Sebenarnya kelahiran secara normal dapat membangkitkan perasaan puas dan lengkap pada seorang ibu terutama para ibu muda yang baru pertama kali hamil dan melahirkan. Walaupun sedikit sakit tapi sakitnya adalah sesuatu yang lumrah sesuai kodrat wanita.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...